yoldash.net

STIP Setop Terima Siswa Baru 2024 Buntut Penganiayaan dan Tewas Taruna

Kemenhub menghentikan seleksi calon taruna di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Cilincing, Jakarta pada 2024 buntut penganiayaan dan tewas siswa.
Kemenhub menghentikan seleksi calon taruna di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Cilincing, Jakarta pada 2024 buntut penganiayaan dan tewas siswa. (stipjakarta.ac.id).

Jakarta, Indonesia --

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghentikan seleksi calon taruna di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Cilincing, Jakarta pada 2024 buntut tewas siswa akibat dianiaya senior beberapa waktu lalu.

Hal ini dikonfirmasi oleh Subbag Perencanaan, Data, dan Informasi Badan pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenhub Yogi.

"Izin kami konfirmasi bahwa tahun ini STIP tidak membuka formasi untuk pola pembibitan. Untuk formasinya tidak dibuka di STIP untuk tahun ini," ujar Yogi dalam konferensi pers persiapan pembukaan seleksi ASN untuk sekolah kedinasan TA 2024, Senin (13/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kendati demikian, ia belum dapat memastikan kapan seleksi penerimaan taurna baru STIP akan dibuka kembali.

ADVERTISEMENT

Penganiayaan taruna terjadi di STIP beberapa waktu lalu. Buntut kasus itu, mahasiswa STIP bernama Putu Satria meninggal dunia.

Polisi menetapkan TRS (21) sebagai tersangka. TRS adalah orang yang memukul Putu di bagian ulu hati.

Polres Metro Jakarta Utara juga menetapkan tiga tersangka baru, yaitu AK, WJP, dan FA. Ti

Imbas kasus itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mencopot direktur dan sejumlah pejabat di STIP. Tindakan tegas, menurutnya, perlu diambil atas kejadian tewasnya mahasiswa tersebut. Ia juga mendorong proses hukum di kepolisian berjalan.

"Ini tentu menjadi suatu evaluasi bagi kami, dan kami sudah membebastugaskan direktur dan beberapa pejabat di STIP Marunda ini sebagai rasa bahwa tanggung jawab, dan tindakan tegas itu harus berjalan," ucap Budi di rumah duka korban Putu Satria, Klungkung, Bali, Kamis (9/5), dilansir detik.

Budi memerintahkan BPSDM Kemenhub melakukan pendampingan dalam kasus ini. Dia ingin pelaku mendapatkan hukuman setimpal.

Selain itu, Budi Karya juga menjatuhkan sanksi bagi STIP Cilincing, Jakarta. Sekolah itu dilarang menerima mahasiswa baru tahun depan.

"Jangka pendek ini kami akan melakukan moratorium, di satu angkatan itu kita enggak akan terima. Apa tujuannya? Agar memutus tradisi jelek sehingga tidak ada lagi istilah senior dan junior," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

Langkah lain yang diambil adalah mahasiswa tingkat dua tak boleh lagi tinggal di asrama. Mereka dipersilakan mencari tempat tinggal sendiri di sekitar kampus.

Kemenhub juga mendorong orang tua mahasiswa membentuk komite. Komite itu diharapkan ikut mengawasi dan mengevaluasi semua hal di STIP.

"Dan kami memberikan kesempatan orang tua turut mengasuh sebagai suatu komite sehingga proses-proses evaluasi dan proses koreksi bisa terjadi dengan serta-merta," ujarnya.

(del/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat