yoldash.net

Freeport Setor Keuntungan Tambang Rp3,35 T ke Papua Tengah

PT Freeport Indonesia menyetor Rp3,35 triliun untuk pemerintah provinsi dan sejumlah pemerintah kabupaten/kota di Papua Tengah.
PT Freeport Indonesia menyetor Rp3,35 triliun untuk pemerintah provinsi dan sejumlah pemerintah kabupaten/kota di Papua Tengah. (Foto: CNN Indonesia/Anugerah Perkasa)

Jakarta, Indonesia --

PT Freeport Indonesia menyetor Rp3,35 triliun untuk pemerintah provinsi dan sejumlah pemerintah kabupaten/kota di Papua Tengah. Jumlah itu berasal dari laba bersih pada 2023.

Pada 2023, Freeport memproduksi tembaga 1,65 miliar pound serta 1,97 juta ounces emas. Laba bersih yang dihasilkan mencapai senilai US$3,16 miliar atau setara Rp48,79 triliun (asumsi Rp15.439 per dollar Amerika Serikat).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pembayaran bagian daerah dari keuntungan bersih merupakan realisasi komitmen perusahaan dalam mendorong peningkatan ekonomi pemerintah daerah," kata Presiden Direktur PTFI Tony Wenas dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/4).

Duit Rp3,35 triliun dibagi-bagi ke pemerintahan di Papua Tengah. Pemprov Papua Tengah mendapatkan Rp839 miliar, sedangkan Pemkab Mimika Rp1,4 triliun.

ADVERTISEMENT

Sejumlah kabupaten di sekitar Mimika, yaitu Nabire, Paniai, Puncak, Puncak Jaya, Dogiyai, Deiyai, dan Intan Jaya juta mendapat jatah. Mereka menerima masing-masing Rp160 miliar.

Sumbangsih Freeport kepada negara tak cuma itu. Mereka memasok penerimaan negara dalam bentuk pajak, royalti, dividen, dan pungutan lainnya hingga Rp40 triliun pada tahun 2023.

Freeport juga menggelar program investasi sosial untuk memberi manfaat kepada masyarakat sekitar. Nilai investasi sosial PTFI mencapai hampir Rp2 triliun dan akan terus bertambah sekitar Rp1,5 triliun per tahun sampai dengan 2041.

"Keberhasilan kami sebagai perusahaan adalah ketika masyarakat di lingkungan sekitar area operasional meningkat taraf hidup dan kesejahteraannya. Kami terus bertumbuh dan berkembang bersama Papua hingga selesainya operasi penambangan pada 2041," ucap Tony.

(dhf/tsa)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat