yoldash.net

Samsung Resmi Rilis Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6, Harga Mulai Rp17 Juta

Dua hp lipat terbaru dari Samsung, Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6, resmi diluncurkan secara global. Simak spek dan harganya.
Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6 resmi dirilis secara global malam ini. (Foto: Samsung)

Jakarta, Indonesia --

Samsung resmi merilis dua ponsel lipat terbarunya, Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6, dalam ajang Galaxy Unpacked di Paris, Prancis, Rabu (10/7).

Kedua seri ini dibekali dengan sederet fitur kecerdasan buatan (AI), mulai dari kamera hingga mengerjakan soal matematika. Ponsel terbaru dari Samsung ini akan tersedia mulai 24 Juli.

Spek keduanya tak jauh dari yang sudah dibocorkan oleh sejumlah analis. Berikut rinciannya:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Samsung Galaxy Z Flip 6

samsung galaxy z flip 6Samsung Galaxy Z Flip 6. (Foto: Samsung)

Samsung Galaxy Z Flip 6 juga dibekali dengan sederet fitur AI yang dimiliki Z Fold 6. Namun, salah satu yang paling ditonjolkan pada ponsel compact ini adalah implementasi AI pada sistem kamera flexcam, atau mode kamera ketika ponsel ini ditekuk sebagian.

AI pada sistem kamera di Galaxy Z Flip 6 bisa melakukan autozoom dan menyesuaikan objek dengan frame foto, sehingga foto tidak akan terlalu jauh atau terlalu dekat.

Kamera Z Flip 6 sendiri terdiri dari kamera utama 5MP dengan 2x optical zoom, 12 MP kamera ultra wide, dan 10MP kamera depan.

Ponsel mungil ini hadir dengan layar 6,7 inci ketika dibuka, dan 3,4 inci ketika ditutup dengan bobot 187 gram. Seperti Galaxy Z Fold 6, ponsel ini juga sudah dibekali perlindungan Corning Gorilla Glass Victus 2 dan baterai 4.400 mAh.

Bagian paling baru pada ponsel model clamshell ini adalah sistem pendingin vapor chamber yang disebut pertama pada ponsel Flip Samsung.

Lebih lanjut, kedua ponsel lipat terbaru Samsung sama-sama menggunakan Snapdragon 8 Gen3 for Galaxy.

Galaxy Z Flip 6 dibanderol mulai US$1.099 atau sekitar Rp17,8 juta.

Samsung Galaxy Z Fold 6

samsung galaxy z fold 6Samsung Galaxy Z Fold 6. (Foto: Samsung)

Samsung Galaxy Z Fold 6 kini disebut hadir lebih tipis dan ringan dengan tebal 12,1 milimeter dan bobot 239 gram.

Ponsel ini dibekali dengan layar 7,6 inci ketika dibuka, dan layar 6,3 inci ketika ditutup. Kedunanya merupakan layar Dynamic AMOLED dengan kecerahan maksimal 2.600 nits yang disertai dengan Vision Booster dan sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus 2.

Pada bagian kamera, ponsel ini dibekali tiga kamrea, yakni kamera utama 50MP dengan 2x optical zoom, kamera ultra wide 12MP, dan kamera tele 10MP dengan 3x optical zoom. Konfigurasi kamera ini diperkuat dengan ProVisual Engine.

Ponsel yang hadir dengan baterai 4.400 mAH ini hadir dengan sederet fitur Galaxy AI yang merupakan hasil kolaborasi dengan Google Gemini. Fitur-fitur yang telah diperkenalkan seperti live translate, note assist, interpreter, hingga Circle to Search akan hadir di perangkat ini.

Namun, sederet fitur tersebut diberikan pembaruan, salah satunya Circle to Search yang kini dapat melakukan menyelesaikan masalah, misalnya, soal matematika. Pertanyaan matematika tersebut hanya tinggal dilingkari, dan Galaxy Z Fold 6 akan mengarahkan memberikan jawabannya.

Seperti halnya Gemini, Galaxy AI juga bekerja secara multimodal. Artinya, pengguna dapat memilih interaksi yang paling nyaman dengan AI di ponsel ini, mulai dari teks, visual, hingga suara.

Galaxy Z Fold 6 dibanderol dengan harga US$1.899 atau sekitar Rp30,8 juta.

[Gambas:Video CNN]

(lom/arh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat