yoldash.net

Toyota Ungkap Alasan Innova Reborn Sulit Pensiun Walau Sudah Ada Zenix

Sejauh ini, hampir dua tahun sejak Innova Zenix meluncur, Toyota masih memproduksi generasi kelima Innova Reborn.
Sejauh ini, hampir dua tahun sejak Innova Zenix meluncur, Toyota masih memproduksi generasi kelima Innova Reborn. (Toyota Astra Motor)

Jakarta, Indonesia --

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengungkap mengapa masih memproduksi dua model Innova hingga saat ini, yaitu generasi kelima yang dikenal dengan sebutan Reborn dan generasi kenaam Innova Zenix. TMMIN memaparkan sejauh ini peminat Innova Reborn masih tinggi.

Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam menjelaskan penjualan Innova Reborn melesat karena banyak dipesan dari konsumen segmen bisnis atau fleet yang didukung pertumbuhan industri seperti di antaranya pariwisata.

"Yang Reborn ini kan fleet. Memang fleet ini lagi tumbuh karena mungkin tumbuhnya pariwisata dan sebagainya," kata dia di Jakarta, Selasa (9/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Bob, Innova Reborn banyak dipakai perusahaan pariwisata untuk membawa tamu.

Dikutip dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Mei 2024, total penjualan Innova menempati posisi kedua mobil terlaris di data wholesales.

Pada bulan itu Innova mendapat wholesales sebanyak 5.381 unit atau naik 2.576 unit dibanding April.

Namun dari 14 varian Kijang Innova yang masuk dalam daftar Gaikindo, komposisi pengiriman Innova Reborn, baik bensin maupun diesel, masih mendominasi dibanding Innova Zenix.

Jika dijumlahkan total penjualan Innova Reborn sebanyak 3.024 unit atau sekitar 56 persen dari total penjualan akumulatif Innova pada Mei.

Bahkan pada penjualan Kijang Innova pada April dengan total 2.805 unit, sebanyak 1.666 unit merupakan Innova Reborn.

Adapun varian yang paling banyak diminati yaitu Kijang Innova G AT diesel dengan total pengiriman 1.635 unit. Toyota masih mempertahankan dua mesin pada Innova Reborn yakni 1TR-FE 2.000 cc dan 2GD-FTV 2.400 cc.

Toyota Kijang Innova Zenix.Toyota Kijang Innova Zenix. (Toyota Astra Motor)

Innova Zenix meluncur pada November 2022 dengan platform baru berpenggerak roda depan yang bisa diadopsi teknologi hybrid. Produksinya dilakukan di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat.

Kini mendekati dua tahun Innova Zenix lahir, Innova Reborn yang punya sistem gerak roda belakang belum pensiun karena sebagian variannya masih diproduksi. Mengingat performa penjualan Innova Reborn tetap tinggi sepertinya sulit membuat model ini pensiun.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat