yoldash.net

Penting Matikan Mesin Kendaraan Saat Isi BBM di SPBU

Saat mesin menyala maka sistem kelistrikan kendaraan aktif yang memperbesar kemunculan biang api, ini sebabnya Anda wajib mematikan mesin.
Saat mesin menyala maka sistem kelistrikan kendaraan aktif yang memperbesar kemunculan biang api, ini sebabnya Anda wajib mematikan mesin. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, Indonesia --

Ada aturan mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU yang mesti dipahami semua orang, salah satunya selalu mematikan mesin saat pengisian atau sedang antre. Risiko kebakaran selalu ada di SPBU jadi lebih baik potensinya dikurangi untuk keselamatan.

BBM rentan memunculkan api, proses pemindahannya dari dispenser SPBU ke tangki kendaraan merupakan momen krusial yang mesti dijaga. Andai saja tersambar biang api bisa runyam segalanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Api bisa muncul dari situasi tak terduga seperti perilaku pengunjung SPBU yang main ponsel, merokok atau membawa barang mudah panas.

Sumber lainnya adalah panas mesin, sistem kelistrikan yang bocor, busi atau pengapian mesin dan lainnya yang berkaitan kerja mesin. Mematikan mesin kendaraan berarti memangkas risiko ini.

Jika mesin menyala berarti sistem kelistrikan kendaraan aktif, hal ini bisa memicu listrik statis yang menimbulkan percikan api. Selain itu panas mesin atau sistem knalpot juga dapat menimbulkan api, misalnya saat berdekatan barang mudah terbakar seperti kertas, ranting atau daun kering.

Bila menyulut uap BBM atau sisa yang tercecer risiko timbul api membesar.

Saat mesin kendaraan dimatikan, misalnya pada mobil penumpang, memang bakal menyebabkan AC mati yang bisa membuat penumpang merasa tak nyaman. Sopir sebaiknya menjelaskan tentang hal ini lantaran keselamatan lebih penting dari kenyamanan. 

Belum lama ini terjadi kasus kebakaran Suzuki Espass saat mengisi BBM di SPBU Desa Bakalan, Dukuhseti, Pati, Jawa Tengah pada Selasa (2/7).

Kapolsek Dukuhseti Polresta Pati AKP Ali Mashuri menjelaskan sopir Espass diduga tak mematikan mesin saat pengisian BBM.

Espass tersebut hangus terbakar dan sopirnya, Iwan warga Desa Clering, Donorojo, Jepara, meninggal dunia. Mesin pengisi BBM juga terbakar dan satu sepeda motor mengalami rusak ringan.

"Kasus terbaru yang terjadi hari ini, seorang sopir Suzuki Espass meninggal setelah mobilnya terbakar saat mengisi BBM di SPBU Desa Bakalan, Kecamatan Dukuhseti, Pati," kata Ali disitat dari Antara.

Ali mengimbau masyarakat mematikan mesin kendaraan saat mengisi BBM di SPBU untuk keamanan bersama. Dia mengingatkan ini berlaku untuk semua jenis kendaraan, mulai dari motor, mobil ataupun truk.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat