yoldash.net

Punya Duit di Bawah 300 Juta Dapat Mobil Listrik Apa?

Setidaknya ada tiga model mobil listrik yang bisa dibeli dengan modal di bawah Rp300 juta yaitu Wuling Air EV, Neta V-II dan Seres E1.
Setidaknya ada tiga model mobil listrik yang bisa dibeli dengan modal di bawah Rp300 juta yaitu Wuling Air EV, Neta V-II dan Seres E1. (CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)

Jakarta, Indonesia --

Pilihan model mobil listrik ada banyak di Indonesia tetapi yang harganya di bawah Rp300 juta masih terbatas. Setidaknya ada tiga model yang memenuhi kategori ini.

Kategori di bawah Rp300 jutaan pada mobil berbahan bakar minyak (BBM) di Indonesia merupakan kelompok yang paling banyak dibeli masyarakat.

Model BBM yang masuk kategori ini misalnya Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander hingga ke mobil-mobil Low Cost Green Car (LCGC) macam Toyota Agya dan Daihatsu Sigra.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bila Anda cuma punya duit tak sampai Rp300 juta pilihan mobil listrik yang bisa dibeli adalah Wuling Air EV, Neta V-II dan Seres. E1.

Wuling Air EV

Mobil listrik pertama Wuling ini sekarang dijual mulai Rp190 juta yakni untuk varian Lite yang pakai pelek kaleng. Varian termurah ini meluncur pada Agustus 2023 buat menemani dua varian lainnya yang sudah dijual.

Air EV menawarkan jarak tempuh yang cukup jauh, 300 km untuk varian Long Range. Sedangkan Standard Range dan Lite jarak tempuh masing-masing 200 km.

Varian Long Range memiliki kapasitas baterai 26,7 kWh, sedangkan Standard Range dan Lite membawa baterai 17.3 kWh.

Harga tiga varian Air EV:

Lite Rp190 juta
Standard Range Rp224 juta
Long Range Rp275 juta

Banderol Air EV sudah termasuk diskon PPN sebesar 10 persen dari pemerintah karena model ini diproduksi lokal dan punya Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di atas 40 persen.

Neta V-II

Neta Auto Indonesia mengumumkan pada Mei lalu harga mobil listrik model baru V-II sebesar Rp299 juta, lebih murah dari model impor V Rp317 juta yang hingga sekarang juga masih ditawarkan.

Harga V-II bisa lebih murah lantaran model ini memenuhi syarat mendapatkan diskon PPN 10 persen.

Seres E1

Seres E1 merupakan mobil listrik termurah di daftar ini, varian terendahnya dilego Rp189 juta atau lebih murah Rp1 juta dari Air EV.

Namun beda dari Air EV, E1 bukan mobil listrik buatan dalam negeri.

Harga Seres E1:
Type B Rp189 juta
Type L Rp219 juta

E1 memiliki spesifikasi cocok untuk penggunaan sehari-hari di area perkotaan. Mobil ini hadir dengan baterai 13,8 kWh untuk Type B dan 16,8 kWh untuk Type L.

Baterai Type B diklaim mampu menempuh jarak 180 km dengan sekali pengisian penuh, sedangkan Type L dapat mencapai 220 km.

(bil/fea)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat