yoldash.net

Fenomena Pati Penadah Mobil Curian, Kena Blacklist Pengusaha Rental

Isu Pati sebagai lokasi berbahaya untuk mobil rental menyeruak usai seorang pengusaha tewas dikeroyok warga setempat saat mau menjemput mobilnya.
Isu Pati sebagai lokasi berbahaya untuk mobil rental menyeruak usai seorang pengusaha tewas dikeroyok warga setempat saat mau menjemput mobilnya. (Istimewa)

Jakarta, Indonesia --

Kabupaten Pati, Jawa Tengah menjadi daerah yang masuk dalam daftar hitam para pengusaha rental mobil. Pasalnya, wilayah ini dianggap sebagai lokasi penadah mobil curian.

Sampai-sampai Polda Jawa Tengah juga terjun mendalami isu yang beredar di masyarakat soal Kecamatan Sukolio, Kabupaten Pati yang dikatakan sebagai kampung penadah kendaraan curian ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Isu itu berseliweran di kalangan masyarakat setelah insiden pengeroyokan bos travel asal Jakarta hingga tewas usai diteriaki maling.

"Memang ada informasi seperti itu. Tapi kita masih dalami lah terkait tentang informasi bahwa di sana kampung penadah," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Stefanus Satake Bayu kepada wartawan, Selasa (11/6).

ADVERTISEMENT

Satake juga meminta peran serta masyarakat memberikan informasi kepada kepolisian terkait isu yang tengah beredar.

Sementara Kasi Humas Polresta Pati Ipda Muji Sutrisna menyampaikan perlu ada kajian lebih lanjut terkat isu wilayah Sukolilo sebagai kampung penadah.

"Kalau bicara kampung penadah harus ada kajian mendalam, jadi menurut saya tidak benar," ujarnya.

Isu kampung penadah kendaraan curian memang menyeruak setelah insiden pengeroyokan bos rental asal Jakarta itu, di antaranya disampaikan lewat berbagai postingan di media sosial.

Misalnya postingan di akun Instagram Mobilgue yang menunjukkan seseorang mengaku pengusaha bisnis rental mobil melakukan 'blacklist' permintaan sewa yang mengarah ke Pati.

"Saya adalah salah satu pelaku rental mobil di Jawa Tengah. Mulai hari ini dan seterusnya saya blacklist semua order yang mengarah tujuan Pati," bunyi pada unggahan.

Lantas unggahan itu viral sebab ramai dikunjungi dan dibanjiri komentar netizen. Beberapa komentar netizen mengatakan bakal melakukan hal serupa.

"Saya juga blacklist arah Pati, mending yang lain dari pada nyawa hilang mobil dibakar," kata akun Nanang Firmansyah.

Jasa penyewaan mobil terdiri dari beberapa jenis. Ada yang menggunakan pengemudi dari penyedia rental maupun tanpa pengemudi atau yang kerap disebut lepas kunci.

Kemungkinan besar mobil rental yang kerap digelapkan yang berstatus sewa lepas kunci karena penyewa bisa bebas membawa unit mobil ke mana pun, termasuk ke lokasi yang menjadi sarang penggelapan mobil.

Tidak hanya di akun Mobilgue. Imbauan mencoret Pati di skena rental kendaraan juga datang dari akun Voltcyber_v2.

Ia menjelaskan di Pati merupakan sarang residivis penggelapan mobil yang disewakan.

"Jadi jika ada penyewa mau rental mobil menuju wilayah Pati langsung tolak saja. Atau jika GPS mobil mengarah ke arah ini pesan penting buat para pemilik rental mobil se Jateng," tutur akun tersebut.

Camat Sukolilo Andrik Sulaksono mengatakan isu itu merupakan opini warga di media sosial yang muncul usai peristiwa pengeroyokan.

"Sepengetahuan saya tidak ada kampung penadah atau sebagainya," kata Andrik, Selasa (11/6) dikutip dari detikJateng.

Kronologi bos rental dikeroyok hingga tewas

Peristiwa bermula ketika BH (bos rental) dan tiga orang lainnya SH (28), KB (54) serta AS (37) mencari mobil rental yang hilang. Berdasarkan penelusuran GPS yang mereka lakukan, mobil itu ada di wilayah Sukolilo.

Mereka lantas berangkat ke lokasi untuk mencari keberadaan mobil tersebut dan tiba di Sukolilo pada Kamis (6/6) sekitar pukul 13.00 WIB dan menemukan mobil yang dicari.

Rombongan rental itu berupaya mengambil mobil dengan kunci cadangan. Nahas, warga yang tengah melintas dan melihatnya mengira BH dan ketiga orang lainnya adalah maling.

Warga lalu berteriak hingga masa berdatangan. Akibatnya keempat orang itu diamuk massa hingga babak belur. Selain itu, mobil yang dikendarai keempatnya dari Jakarta ke Pati, juga habis dibakar massa.

(can/fea)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat