yoldash.net

Mobil Rental Dicuri Tak Perlu Dijemput Sendiri Bila Pakai Asuransi

Asuransi mobil komersial bisa melindungi mobil rental dari tindak kejahatan seperti pencurian atau penggelapan.
Asuransi mobil komersial bisa melindungi mobil rental dari tindak kejahatan seperti pencurian atau penggelapan. (iStockphoto)

Jakarta, Indonesia --

Pebisnis rental mobil sebenarnya tak perlu terlibat risiko besar termasuk keselamatan saat menghadapi masalah kehilangan unit sewa bila mengandalkan asuransi. Saat mobil sewaan kecurian, Anda cuma perlu melapor polisi dan bisa mengklaim kerugiannya ke pihak asuransi.

Kondisi ini berkenaan dengan bos rental mobil asal Jakarta berinisial BH yang tewas dikeroyok warga di Pati, Jawa Tengah. Insiden ini terjadi saat korban hendak mengambil mobil miliknya yang disewa tetapi tak dikembalikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menyewakan mobil tentu harus penuh perhitungan. Pasalnya risiko kehilangan hingga kerusakan mengancam bisnis ini karena tak ada jaminan sang penyewa bisa berperilaku baik saat membawa mobil Anda.

Pemilik yang mau mengecilkan risiko bisa memanfaatkan perlindungan asuransi atas berbagai kerusakan yang disebabkan kecelakaan, kebanjiran hingga kehilangan atau penggelapan seperti yang terjadi baru-baru ini.

ADVERTISEMENT

Pencurian dan penggelapan mobil rental bukan hal baru di bisnis rental mobil. Pelaku bisnis sebenarnya sudah punya berbagai cara buat mengantisipasinya, misal selalu meminta KTP penyewa dan memasang GPS tetapi kejahatan seperti ini selalu saja terjadi.

Asuransi komersial

Ada dua tipe asuransi kendaraan, yakni mobil pribadi dan mobil komersial. Keduanya memiliki klausul berbeda, jadi penting menimang dan memahami perbedaannya sebelum membeli produk asuransi.

Untuk melindungi mobil rental sebaiknya pilih asuransi mobil komersial sehingga pebisnis rental bisa mengklaim kendati dalam kondisi mobil disewa oleh pihak ketiga.

Asuransi mobil komersial mencakup mobil yang digunakan untuk tujuan bisnis, termasuk rental. Asuransi mobil ini memberi jaminan ganti rugi apabila mobil mengalami kerusakan atau kehilangan karena kejadian yang ditanggung dalam polis asuransi.

Meski demikian tak semua perusahaan penyedia asuransi menawarkan produk ini. Beberapa perusahaan hanya menyediakan polis asuransi kendaraan tanpa pilihan tambahan untuk mobil rental atau produk khusus lainnya.

Maka itu penting memastikan secara jelas kepada agen atau broker asuransi apakah produk yang mereka tawarkan mencakup penggunaan kendaraan untuk kegiatan bisnis atau tidak.

Anda direkomendasikan menjelaskan sedari awal ingin asuransi untuk mobil rental agar tidak bermasalah saat pengajuan klaim.

Dengan demikian pihak asuransi bisa memberikan jenis asuransi yang sesuai biar melindungi dari pencurian dan penggelapan.

[Gambas:Video CNN]



(can/fea)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat