yoldash.net

Komparasi Wuling Cloud EV dan BYD Dolphin

Semakin banyak mobil listrik China yang ingin meraup cuan di pasar otomotif Indonesia. Terbaru dari produsen Wuling dengan peluncuran harga resmi Cloud EV.
Wuling Cloud EV datang ke Indonesia untuk menantang BYD Dolphin. (CNN Indonesia/Chandra Erlangga)

Daftar Isi
  • Dimensi
  • Spesifikasi
  • Fitur
  • Harga
Jakarta, Indonesia --

Semakin banyak mobil listrik China yang ingin meraup keuntungan di pasar otomotif Indonesia. Terbaru dari produsen Wuling dengan peluncuran harga resmi Cloud EV.

Harga yang diumumkan lebih murah dari sebelumnya estimasi sebesar Rp410 juta.

Cloud EV merupakan mobil listrik masuk ke segmen medium hatchback lima penumpang. Di segmen ini ada pendatang baru juga dari China, yakni BYD Dolphin. Keduanya sangat menarik untuk dibahas karena dari sisi akomodasi, desain dan harga sangat bersaing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cloud EV merupakan mobil listrik ketiga dari Wuling setelah Air EV, dan Bingou EV. Cloud EV berada di atas kedua mobil itu.

Sementara itu, Dolphin menjadi mobil listrik entry level dari BYD. Baik Cloud EV dan Dolphin diklaim cocok digunakan untuk jalan perkotaan. Berikut ulasan singkat kedua mobil tersebut.

ADVERTISEMENT

Dimensi

Untuk Cloud EV memiliki ukuran panjang 4.295 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.652 mm, dengan jarak sumbu roda 2.700 mm.

Sementara itu, Dolphin mempunyai ukuran panjang 4.290 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.570 mm, dan jarak sumbu roda 2.700 mm.

Spesifikasi

Cloud EV dilengkapi baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) buatan lokal dengan kapasitas 50,6 kWh. Dengan motor penggerak menghasilkan daya sebesar 100 kW dan torsi maksimum 200 Nm, yang memungkinkan mencapai kecepatan hingga 150 kilometer per jam.

Selain itu, mobil ini mempunyai head unit berukuran 15,6 inci dan multi information display (MID) berukuran 8,8 inci. Bahan kulit digunakan untuk melapisi dasbor, sandaran tangan pada trim pintu, dan konsol tengah.

Cloud EV dijejali empat mode berkendara, yaitu normal, eco, eco plus, dan sport. Untuk kecepatan tertinggi Cloud EV dapat tembus 150 kilometer per jam, tetapi mode eco plus hanya sampai 80 kilometer per jam.

Mobil ini diklaim memiliki kemampuan menempuh jarak antara 460 hingga 505 kilometer sekali cas.

Sementara itu, BYD merilis dua varian Dolphin yaitu Extended Range dan Standard Range. Secara umum, tidak banyak perbedaan dari keduanya, kecuali di bagian mesin.

Pada Extended Range, dilengkapi baterai Lithium Iron Phospate (LFP) kapasitas 60,48 kWh, mobil ini mempunyai torsi maksimum 310 Nm dan tenaga 150 kW. Jarak tempuhnya mencapai 490 kilometer.

Untuk varian Standard Range dilengkapi baterai 44,9 kWh dan mempunyai torsi serta tenaga sama dengan Extended Range. Namun, jarak tempuh lebih pendek 410 kilometer.

Fitur

Cloud EV dilengkapi dengan fitur berkendara seperti lane keeping assist dan cruise control. Terdapat fitur penunjang lainnya seperti regenerative braking dan Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Dolphin juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan seperti airbag depan dan samping, kamera 360, lane departure warning, dan automatic emergency braking system. Dengan fitur unggulan seperti navigasi, panoramic glass roof untuk yang Extended Range, dan rotating touch screen yang merupakan fitur baru di Indonesia.

Harga

Harga Wuling Cloud EV Rp398 jutaan. Sedangkan untuk harga Dolphin varian Extended Range sebesar Rp425 juta, dan tipe Standard Range belum ada harganya.

Untuk diketahui, Cloud EV sudah diganjar insentif 10 persen dari pemerintah, sedangkan Dolphin belum karena masih impor.

[Gambas:Video CNN]



(bil/mik)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat