yoldash.net

Chery Recall 420 Unit Omoda 5 di Indonesia, Potensi Sumbu Roda Patah

Recall ratusan Omoda 5 di Indonesia menyusul tindakan yang sama di Malaysia usai kejadian sumbu roda belakang di mobil konsumen patah saat dikendarai.
Recall ratusan Omoda 5 di Indonesia menyusul tindakan yang sama di Malaysia usai kejadian sumbu roda belakang di mobil konsumen patah saat dikendarai. (CNNIndonesia/Rayhand Purnama)

Jakarta, Indonesia --

Chery Sales Indonesia (CSI) mengumumkan pada Senin (13/5) melakukan pemanggilan kembali (recall) 420 unit Omoda 5 yang sudah di tangan konsumen untuk diperiksa dan dilakukan penggantian komponen bila diperlukan.

Recall ini dijelaskan mengacu pada hasil investigasi Chery International terhadap vendor komponen selongsong sumbu roda belakang (rear axle) yang terdampak pembaruan fasilitas manufaktur di waktu tertentu.

"Berdasarkan hasil investigasi tersebut, kejadian ini sangat jarang terjadi. Namun, demi alasan keselamatan kami berhasil mengidentifikasi 420 unit Omoda 5 1.5T (Z dan RZ) yang berpotensi terdampak di Indonesia," tulis CSI dalam siaran resminya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya viral kejadian sumbu roda belakang Omoda 5 patah tiba-tiba di Malaysia. Sang konsumen, Stephanie, menceritakan pengalamannya di media sosial.

ADVERTISEMENT

Stephanie menjelaskan sumbu roda belakang itu patah ketika dia sedang mengemudi.

"Hai Chery Malaysia, saya ingin meminta penjelasan, mengapa as belakang mobil saya patah ketika mengemudi. (Saya) tidak melewati jalan bergelombang, tidak ada kecelakaan, tidak ada lubang, hanya mendadak gagal di tengah jalan," tulis dia di akun facebook-nya yang diunggah, Minggu (28/4).

Chery Auto Malaysia lalu memutuskan melakukan recall untuk 600 Omoda 5 terkait masalah ini. Perusahaan menyatakan terdapat kesalahan pengelasan.

"Setelah penyelidikan komprehensif, vendor melaporkan bahwa masalah ini disebabkan oleh peningkatan fasilitas di mana ujung mesin las otomatis yang usang diganti dengan ujung las baru. Penggantian ujung las baru mengakibatkan kesalahan kalibrasi peralatannya," ujar Wakil Presiden Chery Auto Malaysia, Lee Wen Hsiang.

CSI menyatakan sudah menghubungi konsumen yang berpotensi terdampak agar mobilnya diperiksa di dealer Chery terdekat.

Menurut CSI identifikasi 420 unit recall ini dilakukan berdasarkan nomor rangka kendaraan. Bila setelah diperiksa di dealer terjadi potensi masalah sumbu roda belakang maka penggantian suku cadang akan dilakukan tanpa dikenakan biaya.

CSI memastikan masalah ini tidak merambat ke produk Chery yang lain.

(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat