yoldash.net

Umur Daihatsu Xenia Sudah 20 Tahun, Populasinya Tembus 730 Ribu Unit

Daihatsu Xenia sudah berjalan tiga generasi di Indonesia sejak pertama kali meluncur pada 11 Desember 2003.
Daihatsu Xenia sudah berjalan tiga generasi di Indonesia sejak pertama kali meluncur pada 11 Desember 2003. (CNNIndonesia/Febri Ardani)

Jakarta, Indonesia --

Daihatsu Xenia yang kini usianya sudah 20 tahun di Indonesia merupakan salah satu MPV terlaris sepanjang masa di dalam negeri. Populasinya disebut sudah lebih dari 730 ribu unit.

"Sejak peluncuran perdananya pada 2004, Daihatsu Xenia terus mendapat sambutan positif dari pelanggan dan tercatat lebih dari 730 ribu masyarakat Indonesia mempercayakan pilihannya terhadap Xenia hingga saat ini," tulis Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangan resminya, Rabu (8/5).

Xenia pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 11 Desember 2003, lalu penjualannya dimulai pada 2024 di Gaikindo Auto Expo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Generasi pertama Xenia dibekali dua pilihan mesin, yakni 1.000 cc dan 1.300 cc. Awalnya pilihan transmisi hanya manual 5 percepatan namun pada 2009 diberi opsi transmisi otomatis 4 percepatan.

ADVERTISEMENT

Sejak 2003 hingga 2011 Xenia mengalami dua kali mendapatkan pembaruan facelift.

Generasi kedua Xenia meluncur pada November 2011 dengan pilihan mesin yang sama. Facelift dilakukan pada 2015 dengan nama Great New Xenia.

Pada 2019 generasi kedua kembali mendapatkan facelift dengan tambahan pilihan mesin 1.500 cc.

Generasi ketiga Xenia meluncur pada November 2021. Perubahan paling signifikan adalah kini menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang menjadikannya mobil penggerak roda depan (FWD).

Opsi mesin tetap sama, namun kini transmisi otomatis diganti CVT.

Fitur-fitur generasi ketiga Xenia di antaranya ground clearance 205 mm, radius putar 4,9 meter, AC double blower, start/stop button, spion lipat otomatis, antilock braking system (ABS), hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSA), dual airbag, dan kamera parkir 360 derajat.

Selain itu varian tertinggi Xenia dilengkapi Advanced Safety Assist (ASA) yang terdiri dari enam fitur yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Xenia saat ini dijual mulai dari Rp224,45 juta hingga yang tertinggi Rp281,65 juta untuk on the road Jakarta.

[Gambas:Video CNN]



(fea/mik)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat