yoldash.net

Dampak Buruk Ban Kempis Dipaksa Jalan

Masalah besar muncul ketika ban kempis dipaksa jalan karena hal tersebut menimbulkan sejumlah kerusakan.
Memaksa ban kempis untuk bergerak menimbulkan beberapa kerusakan. (iStockphoto)

Daftar Isi
  • Kerusakan pelek
  • Kerusakan ban
  • Pengendalian mobil
Jakarta, Indonesia --

Ban kendaraan yang tiba-tiba kempis adalah hal biasa dalam berkendara dan bukan masalah besar. Masalah besar muncul ketika ban kempis dipaksa jalan karena hal tersebut menimbulkan sejumlah kerusakan.

Disarankan pengemudi untuk segera mengganti ban atau tambal ban yang kempis.

Berikut dampak buruk dari memaksa mobil untuk bergerak dengan ban sangat kempis, misalnya dengan tekanan udara di bawah 5 Psi disitat dari keterangan resmi Hyundai.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kerusakan pelek

Ketika ban kempis dan tekanan udara sangat rendah, pelek memiliki minim perlindungan. Tanpa tekanan udara, bantalan biasanya disediakan oleh ban dan udara hampir hilang sepenuhnya, meningkatkan risiko kerusakan pelek seperti peyang jika dipaksa untuk digunakan.

ADVERTISEMENT

Kerusakan ban

Selain pelek, ban dapat pula mengalami kerusakan. Struktur ban tidak dirancang untuk beroperasi tanpa tekanan udara Bila dipaksa terlalu keras, struktur dinding samping ban dapat terganggu.

Berbeda dengan ban jenis run flat tire yang memang didesain mampu bergerak dalam kondisi tanpa udara.

Pengendalian mobil

Pengendalian mobil dapat terpengaruh akibat memaksa jalan ban kempis. Mengendalikan mobil akan menjadi sulit dan belokan akan terasa lambat.

Bila ban mobil tiba-tiba kempis sampai tekanan udara habis, disarankan untuk berhenti sejenak dan menggantinya dengan ban cadangan sebelum kerusakan bertambah parah.

Namun, bila situasi memaksa, ban kempis dapat digunakan untuk perjalanan singkat dengan kecepatan rendah, meskipun tidak dianjurkan untuk jarak jauh.

[Gambas:Video CNN]



(bil/mik)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat