yoldash.net

Neville Akui Inggris Tak Layak Dapat Penalti di Semifinal Euro 2024

Mantan bek kanan timnas Inggris Gary Neville mengecam penalti yang didapat The Three Lions saat melawan Belanda pada semifinal Euro 2024.
Inggris dianggap tidak layak mendapatkan penalti saat lawan Belanda. (REUTERS/Leon Kuegeler)

Jakarta, Indonesia --

Mantan bek kanan timnas Inggris Gary Neville mengecam penalti yang didapat The Three Lions saat melawan Belanda pada babak semifinal Euro 2024, Kamis (11/7) dini hari WIB.

Pada pertandingan di Stadion Signal Iduna Park tersebut, Inggris menang 2-1 atas Belanda. Belanda unggul lebih dulu lewat gol cepat Xavi Simons pada menit ketujuh.

Namun pada menit ke-14 Inggris mendapatkan penalti setelah Denzel Dumfries dianggap melanggar Harry Kane karena mengangkat kaki terlalu tinggi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada saat itu Kane coba memanfaatkan rebound dari tembakan Bukayo Saka. Tendangan voli Kane sendiri melambung tidak mengarah ke gawang, akan tetapi VAR menunjukkan kaki Dumfries menahan kaki Kane.

Penalti tersebut dianggap Neville 'memalukan'. Di mata legenda Manchester United itu, upaya Dumfries tidak seharusnya berujung penalti.

"Sebagai seorang bek, saya pikir itu memalukan. Setiap saat, dalam pertandingan yang sangat penting, saya marah dengan pertandingan Denmark [handball melawan Jerman], saya tersinggung," ujar Neville dikutip dari Independent.

"Itu wajar memblok tembakan, itu bukan penalti, sama sekali bukan penalti," ucap Neville menambahkan.

Neville yang memiliki 85 caps bersama Inggris itu yakin memblok tembakan seperti yang dilakukan Dumfries tidak harus dihukum penalti.

"Kita semua menjadi gila, kita tidak tahu apa itu penalti. Kita telah mengondisikan diri kita sendiri dalam permainan dengan berpikir bahwa itu adalah penalti. Jujur saja, itu bukan penalti. Saya pikir di dalam kotak penalti, ada sedikit izin untuk masuk dan memblokir tembakan," tutur Neville.

Sementara itu legenda Arsenal Ian Wright percaya Dumfries salah dan Inggris layak mendapatkan penalti. Keputusan Dumfries dianggap Wright sebagai kecerobohan.

"Jika Anda melihat hukuman yang diberikan saat ini, itu adalah tindakan yang ceroboh. Makanya diberikan. Di mana pun di lapangan, itu adalah pelanggaran," kata Wright.

Hukuman penalti ini jadi sejumlah kontroversi dalam pagelaran Euro 2024, termasuk di babak gugur. Ketika menghadapi Jerman di babak perempat final, Spanyol juga disebut layak dihukum penalti usai bola tendangan Jamal Musiala mengenai tangan Marc Cucurella.

Pada final Euro 2024, Inggris akan melawan Spanyol di Stadion Olympia, Berlin, Sein (15/7) dini hari WIB.

[Gambas:Video CNN]



(sry/ptr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat