yoldash.net

Jesus Navas Bisa Jadi Pemain Tersukses Sepanjang Sejarah Spanyol

Jesus Navas punya peluang jadi pemain tersukses sepanjang sejarah Spanyol di final Euro 2024.
Jesus Navas bisa jadi pemain tersukses sepanjang sejarah Spanyol di final Euro 2024. (REUTERS/Annegret Hilse)

Jakarta, Indonesia --

Jesus Navas punya peluang jadi pemain tersukses sepanjang sejarah Spanyol di final Euro 2024.

Jesus Navas saat ini merupakan pemain tertua di skuad Spanyol pada ajang Euro 2024. Jesus Navas telah berumur 38 tahun, bahkan lebih dari dua kali lipat usia Lamine Yamal.

Pengalaman Jesus Navas bersama La Furia Roja juga terbilang sangat tinggi. Ia masuk dalam periode emas sepak bola Spanyol di akhir 2000-an dan awal 2010-an.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jesus Navas ikut dalam skuad Spanyol yang memenangkan Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Jesus Navas tidak ikut dalam skuad Piala Eropa 2008 sehingga ia tak punya rekam jejak seperti Iker Casillas, Sergio Ramos, Fernando Torres, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan sejumlah pemain lainnya yang mengoleksi satu trofi Piala Dunia dan dua gelar Piala Eropa dalam karier mereka.

Karena itu, final Euro 2024 jadi kesempatan bagi Jesus Navas untuk menyamai 'paket komplet' generasi emas Spanyol dengan dua gelar juara Piala Eropa plus satu trofi Piala Dunia di tangan. Bila hal tersebut terwujud, Jesus Navas bakal menjelma jadi pemain tersukses sepanjang sejarah Spanyol.

Pasalnya, Jesus Navas punya satu gelar lainnya yaitu gelar juara UEFA Nations League. Jesus Navas jadi bagian tim saat Spanyol juara UEFA Nations League 20222/2023. Saat itu Jesus Navas juga jadi pesepakbola pertama yang mengoleksi gelar Piala Dunia, Piala Eropa, dan UEFA Nations League.

Dalam rekam jejaknya, Jesus Navas memang lebih banyak berperan sebagai pemain pengganti. Namun Jesus Navas ikut serta di final Piala Dunia 2010 dengan turun di 30 menit terakhir. Di Piala Eropa 2012, Jesus Navas ikut mencetak satu gol meski lebih banyak bermain sebagai pemain pengganti.

Di Euro 2024, Jesus Navas juga kembali bermain sebagai pemain pengganti. Namun Jesus Navas bisa menjalankan peran tersebut dengan baik tiap Spanyol membutuhkan tenaganya.

[Gambas:Video CNN]



(PTR/sry)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat