yoldash.net

Final Euro 2024: Inggris Tak Pernah Kalah dari Spanyol di Piala Eropa

Jelang final Euro 2024, Inggris punya rekor ciamik dalam duel lawan Spanyol di ajang Piala Eropa. Three Lions tidak pernah kalah dari La Furia Roja.
Inggris punya rekor bagus lawan Spanyol di ajang Euro. ( REUTERS/Lee Smith)

Jakarta, Indonesia --

Jelang final Euro 2024Inggris punya rekor ciamik dalam duel lawan Spanyol di ajang Piala Eropa. Three Lions tidak pernah kalah dari La Furia Roja di turnamen tersebut.

Pertemuan pertama ada di perempat final Piala Eropa 1968. Saat itu perempat final mempertemukan tiap juara grup dari delapan grup yang ada di babak kualifikasi. Babak perempat final sejatinya masih masuk babak kualifikasi sebelum empat tim pemenang lolos dan berlaga di Italia yang jadi tuan rumah.

Inggris berhasil mengalahkan Spanyol dalam dua laga kandang-tandang. Inggris menang 1-0 di Wembley lalu unggul 2-1 di Santiago Bernabeu. Inggris lolos ke putaran final namun kemudian kalah dari Yugoslavia di babak semifinal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pertemuan kedua terjadi di Euro 1980. Saat itu Spanyol dan Inggris berjumpa di laga terakhir grup 2. Inggris menang 2-1 namun hasil itu tak menolong mereka lolos ke babak berikutnya karena Italia vs Belgia berakhir imbang tanpa gol.

Laga berikutnya sekaligus jadi pertemuan terakhir Spanyol vs Inggris di ajang Euro adalah pada edisi 1996 saat Inggris jadi tuan rumah. Duel kedua tim tersebut terjadi di babak perempat final.

Laga Inggris vs Spanyol berjalan alot hingga harus ditentukan lewat adu penalti. Inggris lalu mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 4-2 dalam drama adu penalti.



Setelah 28 tahun, kedua tim kembali bertemu di ajang Euro. Kali ini keduanya akan bertemu di partai puncak memperebutkan mahkota juara.

Spanyol berhasil lolos ke final setelah menang 2-1 lawan Prancis. Sedangkan Inggris melaju ke partai final usai menaklukkan Belanda, juga dengan kedudukan 2-1.

[Gambas:Video CNN]



(ptr/sry)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat