yoldash.net

Profil Arda Guler: Pencetak Gol Roket Turki ke Gawang Georgia

Arda Guler mencetak gol tendanganroket luar biasa ke gawang Georgia yang ikut andil memberikan kemenangan untuk Turki di Euro 2024.
Arda Guler cetak gol roket ke gawang Georgia di Euro 2024. (REUTERS/Wolfgang Rattay)

Jakarta, Indonesia --

Arda Guler mencetak gol tendangan roket luar biasa ke gawang Georgia yang ikut andil memberikan kemenangan 3-1 untuk Turki dalam pertandingan Grup F Euro 2024 di Stadion Signal Iduna Park, Selasa (18/6).

Guler mengawali karier sepak bola bersama akademi Genclerbirligi Ankara pada 2014. Saat masih berusia 9 tahun, bakat Guler terbilang menonjol.

Pemain kidal ini bermain untuk Genclerbirligi selama empat tahun sebelum diboyong ke Fenerbahce junior pada 2019.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah dua musim di tim junior, Guler naik kelas ke tim utama Fenerbahce pada 2021/2022. Debut Guler di tim senior terjadi di playoff Liga Europa melawan HJK.

Pada musim pertamanya itu saat berusia 17 tahun, Guler tampil dalam 24 pertandingan di semua ajang dengan mengemas 7 gol dan memberikan 11 assist.

Di musim itu juga Guler mendapat panggilan timnas Turki senior setelah sebelumnya bersama Turki U-21. Bakat hebat Guler mendapatkan pantauan dari sejumlah klub top Eropa, seperti Arsenal,Liverpool, Byern Munchen, Borussia Dortmund, Barcelona, hingga PSG.

Kariernya yang makin melejit membuat Guler mendapatkan apresiasi dengan mengenakan nomor punggung 10 yang dianggap sakral untuk setiap tim pada 2022/2023. Guler mendapatkan nomor punggung 10 di Fenerbahce setelah Mesut Ozil pergi dari klub tersebut.

Kegemilangan Guler bersama Fenerbahce membuatnya jadi idola baru sepak bola Turki, khususnya anak-anak. Menggunakan kaki kiri dan kemampuan olah bola yang baik membuat Guler mendapat julukan Messi dari Turki.

Real Madrid yang mencium bakatnya membuat transfer pada Juli 2023. Sayang, musim perdana Guler bersama Madrid diwarnai dengan cedera.

Meski begitu Kinerja Guler dalam musim debut bersama Madrid cukup mengesankan, mencetak enam gol dari 12 pertandingan di semua ajang.

Untuk anak 19 tahun, raihan trofi Guler luar biasa: Liga Champions, Piala Super Spanyol, dan juara Liga Spanyol. Ditambah lagi satu gelar Piala Turki bersama Fenerbahce.

Di timnas Turki, setelah debut pada November 2022, Guler mencetak gol pertama untuk timnas pada Juni 2023 saat melawan Wales dalam Kualifikasi Piala Eropa.

Guler jadi salah satu andalan Turki di Euro 2024. Tantangan itu dijawabnya dengan satu gol indah dalam laga pembuka Grup F melawan Georgia.

Dari luar kotak penalti Arda Guler melepaskan tembakan roket kaki kiri yang membawa Turki unggul 2-1. Turki menang 3-1 atas Georgia dan mengawali Euro 2024 dengan manis.

[Gambas:Video CNN]



(sry/ptr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat