yoldash.net

Reaksi Legenda Timnas Soal STY Dituntut Bawa Indonesia Juara Piala AFF

Legenda Timnas Indonesia, Firman Utina memberikan komentarnya soal Shin Tae Yong yang dituntut bawa Tim Merah Putih juara Piala AFF.
Firman Utina bicara soal STY yang dituntut bawa Indonesia juara Piala AFF. (M. Arby Rahmat Putratama H)

Jakarta, Indonesia --

Legenda Timnas Indonesia, Firman Utina memberikan komentarnya soal Shin Tae Yong (STY) dituntut bawa Tim Merah Putih juara Piala AFF.

Tuntutan itu muncul dari beberapa pengamat usai STY sukses membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024.

Tuntutan juara Piala AFF itu dianggap oleh sebagian pengamat untuk menegaskan bahwa Indonesia telah memiliki mahkota sebagai Raja ASEAN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menanggapi tuntutan itu, legenda Timnas Indonesia Firman Utina optimistis STY bisa bawa Tim Merah Putih juara Piala AFF.

ADVERTISEMENT

"Saya rasa kalau memang [Piala] AFF ini yang ditarget PSSI dan masyarakat, ya saya juga optimistis [akan juara]. Karena apa? Karena kita sudah lihat gambarannya di Piala Asia dan Piala Asia U-23 tanpa terduga bisa membawa ke fase yang tidak terduga. Saya rasa setiap pelatih, Shin juga ingin membuat target juara di Piala AFF. Menurut saya tidak jadi masalah kalau Shin ditarget juara oleh PSSI, karena bagian dari program," kata Firman ketika dijumpai di Jakarta, Rabu (15/5).

Namun menurut Firman, juara atau tidak Piala AFF jangan sampai menjadi syarat bagi PSSI untuk memperpanjang atau memutus kontrak STY.

Sebab menurut Firman, STY layak mendapat kontrak jangka panjang dari PSSI untuk menangani Timnas Indonesia.

"Kalau kemarin sudah terbukti masuk semifinal [Piala Asia U-23] buat saya juara [Piala AFF], tetapi bukan karena misalkan nanti target ini tak tercapai kontrak dia harus diputus. Tidak begitu. Yang kita inginkan [kontrak STY] jangka panjangnya. Kalau dia sudah klop dengan sepak bola Indonesia, ya ayo kita kembangkan bersama," kata Firman.


Di sisi lain, Firman sangat berharap PSSI bisa meningkatkan pembinaan sepak bola usia muda putra dan putri.


"Yang kami inginkan liga usia muda berjalan, juga sepak bola putri. Itu saja," kata pemilik Firman Utina 15 Football Academy itu.

Shin Tae Yong telah berhasil mencatatkan sejumlah rekor mentereng bersama Timnas Indonesia. STY berhasil mencetak sejarah membawa tiga level Timnas Indonesia sekaligus yaitu U-20, U-23, dan senior lolos ke Piala Asia.

Kemudian di bawah asuhan STY, ranking Timnas Indonesia mampu naik dari posisi 174 hingga kini menempati 134 dunia atau naik 40 tangga.

Permainan Indonesia pun semakin menjanjikan. Jay Idzes dan kawan-kawan berpeluang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

[Gambas:Video CNN]



(abs/rhr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat