yoldash.net

Pelatih Yordania: Timnas Indonesia U-23 Bisa Melangkah Lebih Jauh

Pelatih Yordania U-23 Abdullah Abu Zam meyakini Timnas Indonesia U-23 bisa melangkah lebih jauh di Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia U-23 diprediksi melangkah lebih jauh ke Piala Asia U-23 2024. (AFP/KARIM JAAFAR)

Jakarta, Indonesia --

Pelatih Yordania U-23 Abdullah Abu Zam meyakini Timnas Indonesia U-23 bisa melangkah lebih jauh di Piala Asia U-23 2024.

Analisis Abu Zam didasari kekalahan telak 1-4 dari Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifah, Qatar pada Minggu (21/4) malam. Kekalahan ini membuat Yordania tersingkir dari ajang untuk Kualifikasi Olimpiade 2024 ini.

Menurut Abu Zam, Indonesia berpeluang melangkah lebih jauh dan tak hanya terpaku di delapan besar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Timnas Indonesia sudah lolos dan mungkin perjalanannya akan berlanjut ke tahap yang lebih jauh di turnamen ini," kata Abu Zam dikutip media Yordania, Winwin.

Abu Zam mengaakui tim besutan Shin Tae Yong sangat mendominasi permainan. Ini membuat permainan tim asuhannya tak terlihat, meski berbagai strategi telah dilakukan.

ADVERTISEMENT

"Indonesia bermain luar biasa dan sepenuhnya layak untuk menang dan lolos [ke perempat-final]. Kami berencana mencetak gol lebih cepat, kami punya tiga peluang, tetapi tidak memanfaatkannya."

"Setelah memimpin, Indonesia memperketat cengkeraman dan mengendalikan penuh, sementara kami tidak berkutik dan tidak bisa mengeluarkan apa yang kami inginkan," kata Abu Zam, dilansir dari Win Win.

Atas kegagalan ini Abu Zam meminta maaf kepada rakyat Yordania. Ia juga akan bertanggung jawab penuh atas performa tim. Publik Yordania diminta tidak menyalahkan para pemain.

"Kalah telak dan tersingkir lebih awal dari turnamen tidak bisa dibenarkan. Saya yang memikul tanggung jawab karena tersingkir dari turnamen dan bertanggung jawab atas kekalahan besar ini."

"Pemain memberikan yang terbaik dalam laga pertama dan kedua melawan Australia dan Qatar, di mana kami tidak beruntung, tetapi di pertandingan melawan Indonesia kami tidak memperlihatkan apapun," tutur Abu Zam.

Kendati begitu, misi Indonesia melangkah lebih jauh bukan perkara mudah. Sebab, Rizky Ridho dkk berpeluang menghadapi Jepang atau Korea Selatan di babak perempat final.

Jepang dan Korea Selatan sejatinya sudah memastikan lolos ke babak delapan besar karena sama-sama mengemas enam poin di Grup B. Namun, keduanya masih harus bertemu untuk menentukan siapa yang berhak jadi juara grup.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jun)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat