yoldash.net

PKS Jajaki Koalisi dengan KIM Usai Usung Shohibul di Pilgub DKI

PKS mulai menjajaki kemungkinan koalisi dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai mengusung Shohibul Iman sebagai cagub Jakarta.
PKS mulai menjajaki kemungkinan koalisi dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai mengusung Shohibul Iman sebagai cagub Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, Indonesia --

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mulai menjajaki kemungkinan koalisi dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai mengusung Sohibul Iman sebagai cagub di Pilgub Jakarta 2024.

Juru Bicara PKS Pipin Sopian mengatakan upaya itu dilakukan untuk memenuhi syarat minimal 22 kursi DPRD untuk mencalonkan gubernur-wakil gubernur Jakarta 2024.

"Jadi kita enggak mungkin dengan kapasitas kita 18 anggota dewan yang kurang 4 anggota, kita secara angkuh sembrono untuk memutuskan satu-dua orang," kata Pipin di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (25/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pipin menjelaskan upaya penjajakan koalisi itu juga untuk melihat respons dari partai-partai di KIM terkait keputusan PKS mengusung Sohibul Iman.

Pipin menjelaskan penjajakan koalisi dengan KIM juga untuk menganalisa kans kemenangan PKS jika bekerja sama dengan KIM di Pilgub Jakarta 2024.

"Jadi bagi kami tetap keputusan itu dalam rangka untuk pertama adalah bagaimana melihat sinyal yang akan diberikan oleh partai lain, dan yang kedua adalah bagaimana potensi menangnya seperti apa, begitu," jelas dia.

PKS sebelumnya telah mengusung Sohibul Iman sebagai cagub dari PKS dalam perebutan kursi Jakarta 1. Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri mengatakan usungan itu adalah hasil kesepakatan DPP PKS.

"Sebagai Partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai Calon Gubernur DK Jakarta," ujar Mabruri dalam rilis resmi, Minggu (23/6).

"Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," imbuhnya.

Sohibul Iman pun telah menyatakan siap untuk dicalonkan PKS sebagai cagub di Pilkada Jakarta 2024.

"Saya tidak ada persiapan khusus, tapi sebagai kader partai tentu saya harus selalu siap diberi amanah apa pun," kata Sohibul kepada Indonesia.com, Minggu (23/6).

(mab/isn)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat