yoldash.net

Benny K Harman Minta Kapolri Turun Tangan Usut Kematian Afif Maulana

Anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman meminta Kapolri Listyo Sigit Prabowo tak tinggal diam atas kasus dugaan penyiksaan remaja di Padang.
Anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman meminta Kapolri Listyo Sigit Prabowo tak tinggal diam atas kasus dugaan penyiksaan remaja di Padang. (Adhi Wicaksono)

Jakarta, Indonesia --

Anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman meminta Kapolri Listyo Sigit Prabowo tak tinggal diam atas dugaan kasus penyiksaan oleh Polisi terhadap siswa SMP bernama Afif Maulana (13) hingga tewas di Padang, Sumatera Barat.

Benny meminta Listyo mengambil tindakan jika Polda Sumatera Barat tak mampu mengatasi kasus ini secara tuntas dan transparan.

"Kita minta laporan masyarakat itu harus ditindaklanjuti oleh pimpinan kepolisian tingkat daerah," kata Benny di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau tingkat daerah tidak mampu saya minta pimpinan polisi paling tinggi segera mengambil langkah kongkrit merespons masalah ini di Sumatera Barat di Padang," sambungnya.

Benny menjelaskan saat ini Komisi III DPR masih melakukan penelusuran atas peristiwa yang menewaskan Afif ini.

ADVERTISEMENT

Kendati demikian, ia mengaku belum mengetahui apa tindak lanjut dari Komisi III DPR merespons peristiwa yang diduga melibatkan anggota Sabhara Polda Sumbar ini.

"Tanya ke pimpinan komisi 3," ujar dia.

Sebelumnya, Kapolda Sumbar Suharyono membantah dugaan penyiksaan yang dilakukan anggota Sabhara terhadap Afif. Ia mengklaim Afif terjun ke sungai saat dilakukan pengamanan aksi tawuran.

"Saat terjadi pengejaran itu, ada upaya (korban) melompat dari motor ke sungai. Ini merupakan kesaksian teman korban yang bernama Adit saat kita periksa," ujarnya kepada wartawan, dikutip Senin (24/6).

"Ini sudah ada kesaksian Aditia bahwa memang almarhum Afif Maulana berencana masuk ke sungai. Menceburkan diri ke sungai. Ini cerita sebenarnya karena kesaksian yang kita ambil dari kawan yang ikut serta dalam tawuran itu," imbuhnya.

Afif sebelumnya ditemukan tewas dengan kondisi luka lebam di bawah jembatan Batang Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Minggu (9/6) siang.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang menduga korban meninggal dunia karena disiksa anggota Sabhara Polda Sumbar yang sedang melakukan patroli pencegahan.

(mab/isn)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat