yoldash.net

PKS Sebut Anies Telah Uji Kelayakan DPW untuk Pilgub Jakarta

Hidayat Nur Wahid mengatakan Anies Baswedan sudah Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah.
Hidayat Nur Wahid mengatakan Anies Baswedan sudah Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Jakarta, Indonesia --

Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan Anies Baswedan sudah menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta.

"DPW sudah melakukan (UKK), DPW," kata Wakil Ketua Majelis Syuro PKS tersebut di kantor DPP PKS, Jakarta, Selasa (18/6/), saat ditanyai jika Anies sudah menjalani uji kelayakan.

Namun dia tidak merinci lebih lanjut hasil UKK dan hanya mengatakan DPP PKS tak menutup kemungkinan akan melakukan UKK kepada Anies jika dibutuhkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi, apakah nanti akan di DPP akan dilakukan lagi, akan sangat tergantung dengan keputusan DPP," ujarnya.

HNW sendiri menjelaskan UKK dari PKS di tingkat Kabupaten/Kota tengah berjalan dan selanjutnya DPP akan memanggil DPW terkait sosok yang diusung dalam pilkada.

"Jadi yang lain akan demikian polanya. Nanti kami di DPP akan rapat, kami akan panggil kawan-kawan di DPP atau DPD, nanti kami akan mengkonfirmasi yang mereka putuskan," ujarnya.

Sebelumnya, pekan lalu HNW mengatakan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jakarta mengusulkan Anies Baswedan maju di Pilkada Jakarta 2024 karena masih dikehendaki warga untuk kembali memimpin.

"Keputusan akhir nanti rekomendasi dari DPP dan semuanya masih dalam penggodokan, tapi DPW PKS sudah menyampaikan usulannya dan DPP masih membahas," kata HNW di gedung DPR RI pekan lalu.

Sebelumnya Anies sendiri telah resmi dideklarasikan oleh DPW PKB DKI Jakarta untuk maju di Pilgub Jakarta, dan akan menjalani uji kelayakan di tingkat DPP. 

Selain PKB dan PKS, Anies juga berpeluang diusung oleh Nasdem. 

Kemarin, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Jakarta telah mengusulkan tiga nama untuk diputuskan DPP maju sebagai calon gubernur di Pilgub DKI Jakarta 2024, yakni Sahroni, Anies Baswedan, dan Wibi Andrino.

Nasdem paling lambat akan mengumumkan nama yang akan diusung pada 31 Juli 2024.

Selain itu, Anies juga diisukan berpeluang diusung oleh PDIP. Ketua Bidang Politik DPP PDIP Puan Maharani menyatakan Anies menjadi calon yang menarik untuk dipertimbangkan di DKI Jakarta.

(yo/vws)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat