yoldash.net

Bursa Cagub-Cawagub Aceh di Pilkada 2024: Mualem hingga Dek Fad

Beberapa nama bahkan sudah mendapat dukungan baik dari Partai Politik lokal maupun nasional untuk maju dalam kontestasi tersebut.
Ilustrasi Pemilihan Gubernur Aceh 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Daftar Isi
  • Muzakir Manaf alias Mualem
  • Fadhlullah alias Dek Fad
  • Mawardi Ali
  • Muslim
Jakarta, Indonesia --

Sejumlah tokoh masuk bursa bakal Calon Gubernur Aceh jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 yang akan digelar pada Rabu, 27 November 2024.

Beberapa nama bahkan sudah mendapat dukungan baik dari Partai Politik lokal maupun nasional untuk maju dalam kontestasi tersebut. Berikut Indonesia.com rangkum nama-nama yang mencuat dalam bursa Pilgub Aceh.

Muzakir Manaf alias Mualem

Ketua DPP Partai Aceh Muzakir Manaf alias Mualem menjadi satu-satunya tokoh yang sudah mendapatkan dukungan sebagai Bakal Calon Gubernur Aceh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu sudah resmi diusung oleh Partai Aceh untuk maju di Pilkada 2024. Partai Aceh sendiri juga tercatat memiliki 20 kursi DPR Aceh dan bisa mengusung sendiri calon tanpa perlu koalisi.

Setidaknya tiga partai nasional juga sudah memberikan dukungan kepada Mualem untuk maju pada Pilgub mendatang. Ketiganya merupakan PAN, Gerindra, dan Demokrat.

Fadhlullah alias Dek Fad

Sosok Fadhlullah resmi diusung oleh Partai Gerindra untuk mendampingi Mualem dalam kontestasi Pilgub 2024. Fadhlullah yang merupakan Ketua DPD Gerindra Aceh dinilai sosok ideal untuk mendampingi Mualem karena dianggap mampu menarik suara milenial.

Ketua Tim Penjaringan Cakada Gerindra Aceh Nasrul Sufi memandang Fadhlullah bakal melengkapi Mualem dan dirasa mampu memimpin Aceh. Apalagi, kata dia, Fadhlullah juga mempunyai pengalaman sebagai anggota DPR RI selama dua periode dan disebut dapat menjadi penghubung antara pemerintah daerah dengan pusat.

Mawardi Ali

Mawardi Ali tercatat bukan sosok baru di pemerintahan provinsi Aceh. Ia merupakan mantan bupati Aceh Besar periode 2017-2022.

Selain itu dirinya juga tercatat pernah menjadi anggota DPR Kabupaten Aceh Besar dua periode dan terpilih menjadi anggota DPR Aceh dua periode.

Mawardi yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Aceh diusung oleh partainya sebagai pendamping Mualem dalam Pilgub 2024.

Muslim

Ketua Partai Demokrat Aceh, Muslim juga tercatat masuk dalam bursa Cagub-Cawagub. Nama Muslim resmi diusung oleh Demokrat kepada Partai Aceh sebagai calon pendamping Mualem.

Sosok Muslim sendiri tercatat pernah menjadi anggota DPR Aceh selama tiga periode sejak 2014. Sebelum menjadi anggota DPR, Muslim juga sempat terpilih sebagai DPRK Banda Aceh.

(tfq/DAL)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat