yoldash.net

Jokowi Undang Mantan Presiden ke Upacara HUT RI di IKN

Presiden Joko Widodo akan mengundang tamu-tamu penting kenegaraan termasuk mantan presiden ke upacara HUT RI di Ibu Kota Nusantara.
Presiden Joko Widodo akan mengundang tamu-tamu penting kenegaraan termasuk mantan presiden ke upacara HUT RI di Ibu Kota Nusantara. (Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, Indonesia --

Presiden Joko Widodo akan mengundang tamu-tamu penting kenegaraan termasuk mantan presiden untuk menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur.

"Semuanya diundang, semuanya diundang, semuanya diundang, ke IKN, ya," kata Jokowi usai meninjau Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6).

Jokowi juga membeberkan alasan HUT RI 17 Agustus 2024 digelar di dua lokasi berbeda yakni, Istana Kepresidenan di IKN dan Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pelaksanaan upacara secara bersamaan di dua lokasi berbeda itu dilaksanakan lantaran saat ini masih dalam masa transisi pemindahan ibu kota.

ADVERTISEMENT

Nantinya, Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan menghadiri upacara HUT RI di IKN. Sementara Wapres Ma'ruf Amin dan Wapres Terpilih Gibran Rakabuming Raka melakukan upacara di Jakarta.

"Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara. Agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan, jadi di sini tetap dilakukan, di sana tetap dilakukan," ujar Jokowi.

Terpisah,  Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi memastikan tokoh-tokoh seperti Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan diundang dalam upacara tersebut.

"Iya diundang [presiden terdahulu]. Pada prinsipnya diundang ya tokoh-tokoh, terutama yang ada hubungannya dengan istilahnya jasa mereka dalam merebut kemerdekaan dan juga pengabdian selama ini," ujar Yudian.

(khr/bmw)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat