yoldash.net

Kakak Cak Imin Akui PKB Tawari Anies Ikut Pilgub Jakarta: Yakin Menang

Ketua PKB dan Wasekjen mengaku partainya menawarkan diri jadi kendaraan politik Anies untuk Pilgub Jakarta 2024.
Ketua DPP PKB Abdul Halim Iskandar ungkap PKB dukung Anies Baswedan maju di Pilgub Jakarta 2024. (CNNIndonesia/Tunggul)

Yogyakarta, Indonesia --

Ketua DPP PKB Abdul Halim Iskandar mengakui partainya menawarkan diri menjadi kendaraan politik Anies Baswedan untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Ia tak menampik soal klaim Anies yang menyatakan sudah mendapat tawaran dari PKB untuk maju di Pilkada Jakarta.

"Ya, salah satu opsi PKB akan mendukung Pak Anies," kata Abdul Halim ditemui di Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Sleman, DIY, Selasa (21/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menteri Desa itu namun tak menyebut sosok lain dalam opsi figur yang didukung maju Pilkada Jakarta 2024 nanti.

Namun, dia membeberkan beberapa pertimbangan partainya dalam langkah penawaran tersebut, seperti rekam jejak koalisi di Pilpres 2024 lalu hingga keyakinan akan Anies memenangi Pilkada Jakarta.

ADVERTISEMENT

"Ya karena kita sudah berkoalisi (di Pilpres 2024), dan kita yakin kalau Pak Anies maju DKI akan memenangkan kontestasi," ucap kakak dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) itu.

Halim menyanggah tawaran kepada Anies itu sebagai dorongan dari Cak Imin--mantan cawapresnya di Pilpres 2024.

"Kalau dorongan (dari Cak Imin) enggak, tapi kalau nanti diajak bersinergi, oke," imbuhnya.

Terpisah, Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) DPP PKB Syaiful Huda juga mengaku partainya mempertimbangkan untuk mengusung Anies Baswedan jika ingin maju lagi di Pilgub DKI Jakarta 2024.

"Tapi dari hasil diskusi, obrolan dari teman-teman, kanan kiri Mas Anies, kira kira kita akan pertimbangkan Mas Anies kalau maju lagi," kata Huda di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa.

Huda mengaku sudah ada komunikasi awal terkait rencana Anies maju di Pilgub DKI Jakarta. Namun ia tak membeberkan bagaimana komunikasi itu berlangsung.

Meski begitu, ia menegaskan PKB sampai saat ini belum mengeluarkan rekomendasi partai secara resmi kepada tokoh untuk diusung di Pilgub Jakarta 2024. Terlebih, ia mengatakan kini PKB masih memiliki kader yakni Ida Fauziyah untuk diusung di Pilgub DKI Jakarta.

"Ya kita lihat nanti, pendaftaran tanggal berapa ya? 27 Agustus, kita lihat perkembangannya kayak apa," kata dia.

Sebelumnya, Anies mengklaim sudah mendapat tawaran dari PKS, PKB, dan NasDem untuk maju di Pilkada Jakarta 2024. Ia merasa terhormat dengan tawaran tersebut. Ketiganya adalah partai yang juga mengusung Anies di Pilpres 2024.

"Saya merasa sangat terhormat, karena diberikan kepercayaan itu dan kepercayaan ini bukan sesuatu yang kecil," kata Anies dalam Political Show yang ditayangkan Indonesia TV, Senin (20/5) malam.

Ia mengaku kini tengah melihat aspirasi masyarakat. Anies juga bertanya dan meminta pandangan dari tokoh-tokoh senior apakah akan mengambil kesempatan untuk meneruskan langkahnya di Jakarta.

"Ini bukan soal tiket atau tidak. Ini soal apakah kesempatan untuk meneruskan di Jakarta, itu kesempatan yang akan kita teruskan," katanya.

Pemungutan suara Pilkada 2024 akan dihelat pada November 2024 secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta.

Anies menjabat Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Kini namanya mencuat dalam bursa calon gubernur Jakarta 2024.

(kum, rzr/kid)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat