yoldash.net

Pemburu Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon Ditangkap

Tim K9 Direktorat Polisi Satwa Korsabhara Baharkam Polri menangkap satu pelaku pemburuan badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.
Tim K9 Direktorat Polisi Satwa Korsabhara Baharkam Polri menangkap satu pelaku pemburuan badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. (Dok. Istimewa)

Jakarta, Indonesia --

Tim K9 Direktorat Polisi Satwa Korsabhara Baharkam Polri menangkap satu pelaku pemburuan badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Kepala Tim K9 Direktorat Polisi Satwa Baharkam Polri Ipda Sutarno menjelaskan kejadian itu bermula dari adanya temuan tujuh pucuk senjata jenis loco di sebuah saung yang terletak di hutan lindung Taman Nasional Ujung Kulon, pada Selasa (14/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan temuan itu, tim gabungan dari K9, Brimob Polda Banten, serta Polisi Hutan langsung mengerahkan anjing pelacak untuk mengejar pelaku pemburuan Badak Jawa.

"Area yang cukup luas memaksa tim bermalam di hutan lindung Taman Nasional Ujung Kulon agar tidak kehilangan jejak yang sudah terendus oleh Anjing Pelacak/K9," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (16/5).

ADVERTISEMENT

Sutarno mengatakan tim gabungan berhasil menemukan dan menangkap pemburu di saung buatan tempat persembunyiannya kemarin.

"Kita berhasil mengamankan salah satu pelaku yang berinisial AD (29) berikut barang bukti 7 pucuk senjata senapan loco," katanya.

Lebih lanjut, Sutarno mengatakan saat ini tim gabungan tengah membawa pelaku keluar dari kawasan hutan lindung untuk dilakukan pengembangan terhadap jaringan pemburu lainnya.

"Selanjutnya kami melakukan penangkapan dan tersangka dibawa turun dari hutan untuk pengembangan," ujarnya.

(tfq/fra)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat