yoldash.net

Dharma Porengkun Satu-satunya Bacagub Independen Jakarta Datang ke KPU

KPU DKI mengatakan  hingga tenggat waktu Minggu (12/5) pukul 23.59 WIB, hanya Dharma Pangrekun-Kun Wardana yang menyerahkan syarat dukungan calon perseorangan.
Komjen (purn) Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Abyoto menyerahkan berkas guna mendaftar sebagai bakal calon peserta Pilgub DKI dari jalur independen, Minggu (12/5). (CNNIndonesia/Yogi Anugrah)

Jakarta, Indonesia --

Komjen Pol (Purn) Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Abyoto menyerahkan dokumen syarat dukungan untuk maju jalur perseorangan di Pilkada DKI 2024, Minggu (12/5).

Dharma dan Kun tiba di kantor KPU pukul 23.12 WIB atau beberapa menit sebelum batas akhir pukul 23.59 WIB.

Secara simbolis, ia lalu menyerahkan dokumen syarat dukungan kepada Ketua KPU DKI Wahyu Dinata dan jajaran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Barusan kami sudah menyerahkan persyaratan administrasi secara simbolik kepada Komisioner KPU dan saat ini sedang diverifikasi, doakan agar kami bisa diberikan kesempatan untuk berkontestasi," kata Dharma usai menyerahkan syarat dukungan, Minggu hampir tengah malam.

Dharma bersama pasangannya itu mengaku menyerahkan syarat dukungan sesuai dengan persyaratan yang diatur.

ADVERTISEMENT

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jalur perseorangan pada Pilkada DKI Jakarta 2024 diketahui harus mendapat minimal 618.968 dukungan warga.

Dharma Porengkun sepanjang karier kepolisian, terakhir kali menjabat analis kebijakan utama di Lemdiklat Polri sebelum pensiun. Selain itu, sebelumnya dia pernah menjabat Wakil Kepala BSSN, dan Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri.

Hanya satu bakal calon independen

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Astri Megatari mengatakan hingga tenggat waktu Minggu (12/5) pukul 23.59 WIB, hanya Dharma Pangrekun dan Kun Wardana yang menyerahkan syarat dukungan calon perseorangan.

"Yang bersangkutan menyerahkan dokumen syarat dukungan berupa data digital melalui aplikasi Silon, ada dukungan sejumlah sekitar 28 persen udah diupload di silon, pasangan tersebut juga akan serahkan dokumen secara fisik," kata Astri.

Ketua KPU DKI Jakarta Wahyu Dinata menjelaskan pihaknya sedang dalam proses pemeriksaan dokumen yang dibawa pasangan bakal calon independen di Pilgub Jakarta tersebut.

Dharma dan Kun disebut membawa dokumen dukungan fisik sekitar 690 ribu dan yang diupload di aplikasi Silon sekitar 100 ribu.

"Saat ini kami dalam proses pemeriksaan, setelah pemeriksaan kami akan lihat dokumen fisik dan digital yang mereka siapkan, dan nanti baru setelah memenuhi syarat minimal kami akan keluarkan tanda terima, kalau tidak memenuhi syarat minimal pasti kami akan kembalikan dokumen dimaksud," katanya.

(yoa/kid)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat