yoldash.net

Badung dan Komitmen Membangun Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen untuk mencanangkan pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism di Pulau Dewata.
Kabupaten Badung merupakan salah satu daerah di Bali yang memiliki beragam destinasi wisata. Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Jakarta, Indonesia --

Kabupaten Badung merupakan salah satu daerah di Bali yang memiliki beragam destinasi wisata. Beragam objek wisata, seperti pantai hingga desa adat menjadi magnet para pelancong dalam negeri hingga mancanegara untuk berkunjung.

Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen untuk mencanangkan pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism di Pulau Dewata.

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Adi Arnawa menyebut pariwisata berkelanjutan merupakan konsep pengembangan pariwisata yang memperhitungkan sepenuhnya dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan saat ini maupun masa depan. Dengan tetap memegang teguh nilai dan spirit budaya lokal Bali.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satu destinasi wisata berbasis sustainable tourism di Badung, adalah Sangeh Monkey Forest.

Di sini wisatawan dapat melihat langsung habitat alami dari ratusan monyet berekor panjang, sekaligus mengenal lingkungan alam yang masuk dalam kawasan hutan lindung Bali.

ADVERTISEMENT

Memiliki luas sekitar 10 hektar dengan udara yang sejuk, di Hutan Sangeh terdapat berbagai jenis flora yang cukup langka. Seperti tanaman amplas, pule, pala, buni, cempaka kuning, dan masih banyak lagi.

Sangeh Monkey Forest juga menjadi tempat suci bagi masyarakat Hindu di Bali. Terdapat dua pura di tengah hutan yang disakralkan, yaitu Pura Melanting dan Pura Bukit Sari.

Sementara itu Kemenparekraf/Baparekraf memiliki empat pilar fokus yang dikembangkan. Di antaranya pengelolaan berkelanjutan (bisnis pariwisata), ekonomi berkelanjutan (sosio ekonomi) jangka panjang, keberlanjutan budaya (sustainable culture) yang harus selalu dikembangkan dan dijaga, serta aspek lingkungan (environment sustainability).

Profil Kabupaten Badung

Kabupaten Badung adalah salah satu daerah yang dinominasikan dalam Indonesia Awards. ajang penghargaan kedua yang digelar Indonesia ini akan berlangsung pada 13 Mei 2024 di Bali.

Kabupaten Badung memiliki 6 wilayah kecamatan, meliputi Kecamatan Kuta Selatan, Kecamatan Kuta, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Mengwi, Kecamatan Abiansemal, dan Kecamatan Petang. Terdapat juga 62 desa/kelurahan serta 12 desat adat.

Ibu kota Badung berada diMangapura. Kabupaten ini terletak membujur dari tengah hingga selatan Pulau Bali.Kabupaten Badung memiliki luas wilayah sebesar 418,52 km².

Daerah Badung meliputi Kuta dan Nusa Dua, objek wisata yang terkenal di Bali. Pada akhir tahun 2023, jumlah penduduk Badung sebanyak 530.226 jiwa.

Kabupaten Badung dulunya bernama Nambangan sebelum diganti oleh I Gusti Ngurah Made Pemecutan pada akhir abad ke-18.

Secara administratif, wilayah Kabupaten Badung berbatasan dengan beberapa wilayah kabupaten/kota di Bali, yaitu bagian utara dengan Kabupaten Buleleng, timur dengan Kota Denpasar, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Gianyar, selatan dengan Samudera Hindia, serta barat dengan Kabupaten Tabanan.

Kabupaten Badung kini dipimpin oleh Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa.

(tim/fra)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat