yoldash.net

Militer Rusia Klaim Berhasil Duduki Wilayah di Selatan Ukraina

Pasukan Rusia mengklaim telah merebut wilayah di Ukraina bagian selatan pada Minggu (16/6).
Ilustrasi. Pasukan Rusia mengklaim telah merebut wilayah di Ukraina bagian selatan pada Minggu (16/6). (@BackAndAlive via REUTERS/@BACKANDALIVE)

Jakarta, Indonesia --

Pasukan militer Rusia mengklaim telah merebut sebuah desa di Ukraina bagian selatan pada Minggu (16/6). Pendudukan wilayah ini berhasil dilakukan setelah tentara Ukraina makin kekurangan pasukan dan amunisi.

"Unit pasukan timur telah membebaskan pemukiman Zagrine di wilayah Zaporizhzhia dan menduduki posisi yang lebih menguntungkan," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam laporan harian mereka, dikutip dari AFP.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tentara Rusia telah menguasai wilayah selama berbulan-bulan di Ukraina, khususnya di wilayah timur. Namun, mereka belum mencapai proses signifikan.

Awal pekan ini, mereka mengumumkan perebutan tiga desa di timur, tenggara, dan timur laut Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pekan ini pasukannya telah menaklukkan hampir 880 kilometer persegi wilayah sejak awal tahun.

Rusia juga melancarkan serangan di wilayah Kharkiv pada 10 Mei. Mereka telah merebut beberapa wilayah sebelum ada bala bantuan yang dikirim oleh Ukraina.

Pasukan Ukraina menghadapi kekurangan tentara dan amunisi selama berbulan-bulan meskipun negara-negara Barat berjanji akan mengirimkan senjata.

(tim/tsa)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat