yoldash.net

5 Negara dengan Kartel Narkoba Paling Brutal di Dunia

Berikut daftar negara dengan kartel narkoba paling brutal di dunia.
Raja kartel narkoba Sinaloa Joaquin.

Daftar Isi
  • 1. El Salvador
  • 2. Venezuela
  • 3. Honduras
  • 4. Kolombia
  • 5. Meksiko
Jakarta, Indonesia --

Kartel narkoba dikenal dengan tindakan keji dan brutal terhadap masyarakat yang tinggal di dekat wilayahnya.

Sebagian besar dari mereka bahkan mempunyai struktur organisasi yang bercabang hingga ke berbagai negara.

Kartel-kartel tersebut membangun sebuah kerajaan pengedaran narkoba yang bisa mengelabui kepentingan politik di suatu negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut daftar negara dengan kartel narkoba paling brutal di dunia.


1. El Salvador

El Salvador memiliki banyak kartel Narkoba brutal hingga menyebabkan kematian bagi ribuan warga setempat.

Melansir Reuters, lebih dari 75.000 anggota kartel narkoba di El Salvador telah diburu oleh pihak berwenang. Bahkan, negara itu sempat menyatakan situasi darurat negara pada 2022 akibat amukan dari gangster tersebut.

Menteri Kehakiman dan Keamanan Gustavo Villatoro menyebut El Salvador memiliki tingkat pembunuhan sebesar 2,4 persen setiap 100.000 orang.

2. Venezuela

Sebagai negara yang berbatasan dengan Laut Karibia dan Samudra Atlantik, Venezuela memiliki kemudahan dalam menjalin hubungan dengan dunia luar.

Salah satu kartel grup brutal dan terkenal di Venezuela adalah Cartel de Los Soles. Kartel ini sudah berdiri sejak 1993 dan mengembangkan bisnisnya dari jejaring Kolombia.

Melansir dari Insight Crime, Cartel de Los Soles memiliki jaringan kuat di kalangan militer Venezuela. Oleh sebab itu, kartel ini menguasai sebagian besar wilayah Venezuela.

Sampai saat ini, kartel tersebut telah memiliki jaringan luar negeri yang menyebar hingga ke benua Asia dan Afrika.


3. Honduras

Salah satu negara di Amerika Tengah yang memiliki jaringan kartel narkoba kuat adalah Honduras.

Wilayah seluas 112.492 kilometer persegi ini memiliki kelompok kartel narkoba yang berhubungan langsung dengan Kolombia dan Meksiko.

Bahkan, eks presiden Juan Orlando Hernandez menggunakan kekuasaannya untuk memudahkan proses penyelundupan narkoba ke dalam AS. Ulah busuknya pun tercium oleh pihak berwenang hingga ditangkap pada 2022 saat hendak meninggalkan kantornya.

Sejak Hernandez memimpin, tingkat kriminalitas di Honduras mencapai 35,8 persen.


4. Kolombia

Nama Kolombia memang sudah tidak asing jika dikaitkan soal kartel narkoba dan lainnya. Negara yang terletak di Amerika Selatan itu memiliki jaringan luar biasa yang dibangun oleh Pablo Escobar pada 1976 bernama Medellin Cartel.

Meskipun telah hiatus pada 1993, turunan dari kartel buatan Escobar masih terus berlanjut hingga saat ini.

Dairo Antonio Usuga merupakan sosok paling brutal pemimpin kartel Kolombia yang berkuasa sampai 2021. Presiden Ivan Duque juga mendeskripsikan Usuga sebagai sosok yang ditakuti dunia, seperti dilansir New York Times.

Walau berhasil tertangkap sejak 2021, anak buah Usuga masih terus melanjutkan kebrutalan dan jaringan narkoba nya ke berbagai negara hingga saat ini.


5. Meksiko

Salah satu negara dengan jaringan kartel narkoba paling brutal di dunia ada di Meksiko.

Salah satu kartel yang sudah terkenal seantero dunia adalah Cartel de Sinaloa. Kartel tersebut sebelumnya juga memiliki pesaing ketat dengan Kartel Guadalajara dan Los Zetas.

Namun, hanya Kartel Sinaloa yang masih bisa bertahan sampai saat ini.

Melansir the Guardian, kartel ini telah membuat onar ke berbagai penjuru Meksiko sampai hampir menguasai perekonomian negara. Sebagian besar petinggi kartel juga disebut menguasai perpolitikan Meksiko.

Tak heran jika sejauh ini sudah 37 kandidat calon kepala daerah di berbagai wilayah Meksiko yang dibunuh. Kasus tersebut pun sebagian besar disebabkan karena ulah jaringan kartel Meksiko.

(val/bac)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat