yoldash.net

AS Kirim Amunisi hingga Rudal ke Ukraina untuk Lawan Rusia

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut paket bantuan senilai US$275 juta itu untuk mendukung Ukraina mengusir pasukan Rusia di dekat Kharkiv.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengumumkan bantuan amunisi hingga rudal kepada Ukraina untuk melawan Rusia. (AFP/Evelyn Hockstein)

Jakarta, Indonesia --

Amerika Serikat (AS) mengumumkan tahap baru bantuan militer untuk Ukraina, termasuk amunisi, rudal, ranjau, dan peluru artileri pada Jumat (24/5).

Rusia terus melancarkan serangannya ke wilayah Kharkiv. Di sisi lain Ukraina melakukan perlawanan di Kharkiv sejak 10 Mei lalu.

"Amerika Serikat hari ini mengumumkan penarikan senjata dan peralatan baru yang signifikan bagi Ukraina untuk mendukung rakyat Ukraina yang pemberani dalam membela negaranya," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, dikutip dari AFP.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Paket senilai $275 juta ini, yang merupakan bagian dari upaya kami untuk membantu Ukraina mengusir serangan Rusia di dekat Kharkiv, berisi kemampuan yang sangat dibutuhkan," ujarnya menambahkan.

ADVERTISEMENT

Bulan lalu, anggota parlemen AS meloloskan kesepakatan bantuan militer senilai $61 miliar yang telah lama tertunda untuk Kyiv setelah berbulan-bulan perselisihan di Kongres.

Sejak itu, Presiden Joe Biden telah memerintahkan lima tahap bantuan militer untuk dikirim ke Ukraina.

"Bantuan dari paket sebelumnya sudah sampai ke garda depan, dan bantuan baru ini akan kami pindahkan secepatnya," kata Blinken.

Serangan di kota Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, menewaskan sedikitnya tujuh orang pada hari Kamis, kata pihak berwenang setempat.

Lebih dari 11.000 orang di wilayah yang lebih luas telah dievakuasi sejak Rusia memulai serangan barunya, menurut gubernur setempat Oleg Synegubov.

Amerika Serikat hari ini mengumumkan penarikan senjata dan perlengkapan baru yang signifikan bagi Ukraina untuk mendukung rakyat Ukraina.

(AFP/fra)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat