yoldash.net

Reshuffle Mengejutkan Putin, Ekonom Jadi Menhan Baru Rusia

Jubir Kremlin mengatakan perubahan itu masuk akal, karena Putin ingin memastikan pengeluaran pertahanan selaras dan lebih terintegrasi ke dalam perekonomian.
Presiden Rusia Vladimir Putin. (via REUTERS/Mikhail Metzel)

Jakarta, Indonesia --

Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan penggantian kursi kabinet alias reshuffle menteri yang mengejutkan.

Dia menunjuk seorang ekonom, Andrei Belousov, untuk menjadi Menteri Pertahanan menggantikan kolega lama Putin, Sergei Shoigu.

Sebelum ditunjuk jadi Menhan, Belousov dikenal sebagai Deputi Perdana Menteri Rusia yang memilii spesialisasi di bidang ekonomi. Belousov juga pernah menjadi Menteri Ekonomi Rusia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, Shoigu yang kali pertama jadi Menhan pada 2012 silam adalah salah satu orang kepercayaan Putin. Kini dia diberi jabatan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia menggantikan Nikolai Patrushev.

ADVERTISEMENT

Dalam pernyataan resmi Kremlin, lewat jabatan itu, Shoigu pun akan bertanggung jawab atas komplek industri militer.

Sementara posisi baru Patrushev di Kremlin belum diumumkan sejauh ini.

Penjelasan Jubir Kremlin

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan perubahan itu masuk akal karena Rusia sedang memastikan pengeluaran pertahanan selaras dan lebih terintegrasi ke dalam perekonomian negara secara keseluruhan.

Itulah, sambungnya, Putin kini menginginkan ekonom sipil untuk menduduki jabatan di Kementerian Pertahanan.

"Orang yang lebih terbuka terhadap inovasi adalah orang yang akan menang di medan perang," kata Peskov seperti dikutip dari Reuters, Minggu.

Sementara itu sejumlah analis menilai perubahan itu bisa dilihat sebagai upaya Putin untuk melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap belanja pertahanan. Eks agen KGB itu dinilai ingin memastikan dana dibelanjakan secara efektif setelah Shoigu dan wakil menteri pertahanan, Timur Ivanov, dituduh jaksa penuntut negara menerima suap senilai hampir US$11 juta.

(Reuters/kid)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat