yoldash.net

Mahasiswa Duke Walkout saat Pidato Komedian Seinfeld Pendukung Israel

Komedian Jerry Seinfeld yang mendapat gelar kehormatan dari Universitas Duke dikenal mendukung Israel terkait agresi ke Gaza untuk memburu Hamas.
Ilustrasi. Salah satu aksi demo mahasiswa AS mengecam agresi Israel ke Gaza. (Getty Images via AFP/MATTHEW HATCHER)

Jakarta, Indonesia --

Para mahasiswa di Universitas Duke memilih keluar (walk out) ketika kampusnya memberi kesempatan komedian asal Amerika, Jerry Seinfeld, berpidato atas gelar kehormatan di upacara kelulusan kampus tersebut.

Seinfeld yang mendapat gelar kehormatan dari Universitas Duke dikenal mendukung Israel terkait agresi ke Gaza untuk memburu Hamas.

Reuters melaporkan pada Minggu (12/5) berdasarkan rekaman video yang juga tersebar di platform X, saat Seinfeld naik ke podium, lusinan mahasiswa berdiri dan keluar dari arena tersebut seraya berteriak-teriak, 'Free Palestine' [Bebaskan Palestina].

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa terlihat mengenakan kafiyeh, dan ada pula yang membawa bendera Palestina pada acara kelulusan tersebut.

Seinfeld dan pihak kampus pun seolah tak terganggu, sehingga pidato komedian tersebut terus berjalan tanpa gangguan besar.

ADVERTISEMENT

"Kami memahami kedalaman perasaan di komunitas kami, dan seperti yang kami alami sepanjang tahun, kami menghormati hak semua orang di Duke untuk mengekspresikan pandangan mereka secara damai, tanpa menghalangi para lulusan dan keluarga mereka untuk merayakan pencapaian mereka," kata juru bicara Duke, Frank Tramble, dalam sebuah pernyataan resmi menanggapi aksi tersebut.

Aksi walk out dalam kegiatan upacara kelulusan Universias Duke itu menambah manifestasi protes yang mengguncang kampus-kampus di AS terkait agresi Israel ke Gaza. 

Protes tersebut telah mendorong universitas-universitas di AS seperti Columbia di New York hingga USC di Los Angeles membatalkan upacara wisuda utama mereka bulan ini. Kemudian, beberapa perguruan tinggi dan universitas lain telah merelokasi atau mengubah upacara wisuda.

(Reuters/kid)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat