yoldash.net

Sakit Stroke Sejak 2017, Hamdan ATT Berupaya Fisioterapi Lagi

Anak ungkap kondisi kesehatan Hamdan ATT dan pengobatan yang dijalani akibat sakit stroke sejak 2017 dan sempat drop pada 2021.
Anak ungkap kondisi kesehatan Hamdan ATT dan pengobatan yang dijalani akibat sakit stroke sejak 2017 dan sempat drop pada 2021. (Tangkapan Layar Instagram/@Hamdan ATT)

Jakarta, Indonesia --

Pedangdut Hamdan ATT disebut sedang berupaya kembali fisioterapi untuk memulihkan kondisinya setelah sakit stroke sejak 2017. Haikal Attamimi selaku anak mengungkapkan kondisi sang ayah membaik setelah beberapa kali terapi.

Pelantun lagu Termiskin di Dunia itu disebut sudah bisa duduk saat ini setelah kondisinya sempat memburuk pada 2021. Namun, Hamdan ATT masih memerlukan bantuan untuk berjalan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sakit ayah ini kan dari tahun 2017, jadi serangan stroke yang pertama. Sempat pulih, sempat juga beraktivitas, drop lagi kondisinya 2021, dan sudah ada beberapa kali perubahan setelah terapi," ujar Haikal Attamimi seperti diberitakan detikcom beberapa waktu lalu.

"Kalau sekarang sih baru di terapi tradisional, dipijit, ke depannya akan diupayakan lagi fisioterapi. Karena fokusnya supaya kakinya ini agak kaku supaya bisa jalan minimal bisa gerak," lanjutnya.

ADVERTISEMENT

Ia mengungkapkan Hamdan ATT masih memiliki daya tangkap yang baik walau memang keluarga atau lawan bicaranya memerlukan kesabaran untuk berkomunikasi.

[Gambas:Video CNN]



"Sebenarnya ngobrol, biasa, cuma bedanya mungkin karena pas lagi kelihatan daya tangkapnya lagi cepat langsung bisa langsung direspons," ungkapnya.

"Tapi misalnya agak lambat ya kita harus ulangin berkali-kali. Memang kita harus mengerti, harus ekstra lagi," kata Haikal.

Pada 2017, Hamdan ATT sempat dilarikan ICU RS Polri Kramat Jati pada hari kedua lebaran. Ia kala itu dilaporkan mengalami serangan jantung dan pecah pembuluh darah sehingga mendapatkan perawatan intensif dua hari.

Beberapa tahun setelahnya, Hamdan ATT juga menjalani operasi akibat penyumbatan otak dan hydrocephalus (penumpukan cairan di rongga otak).

Aisyah, anak perempuannya, mengungkapkan kondisi dan kesadaran Hamdan ATT menurun pada Desember 2022 sehingga melakukan pengecekan dan diketahui ternyata mengalami penyumbatan otak yang harus segera ditindak.

"Jadi pas dibawa ke ICU sama dokter langsung direkomendasikan untuk menjalani operasi. Setelahnya, dipasang selang dari otak biar cairannya ke perut," kata Aisyah pada Senin (9/1/2023).

Aisyah memastikan jika operasi yang dilalui ayahnya kala itu memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Hal tersebut berdasarkan hasil konsultasi bersama dokter.

"Waktu itu operasi 27 Desember 2022 kemarin dan prosesnya memakan waktu dua jam. Dokter bilang operasi aman dan tingkat keberhasilannya tinggi," ungkap Aisyah tahun lalu. 

Hamdan ATT merupakan pedangdut Indonesia kelahiran 27 Januari 1949. Ia begitu dikenal usai merilis lagu Termiskin di Dunia pada 1980.

Pada 2021, ia diberi penghargaan Lifetime Achievement oleh Indonesian Dangdut Awards.

(tim/chri)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat