yoldash.net

Fakta-Fakta ASN Kemenhub Disanksi usai Genit ke Youtuber Korea

Simak fakta-fakta video viral YouTuber Korea Selatan Jiah diajak ke hotel oleh ASN Kemenhub.
Pejabat bandara 'Om Albert' mengajak Youtuber Jiah ke hotelnya. (Tangkapan layar youtube JIAH)

Daftar Isi
  • Diunggah di Youtube Jiah
  • Oknum ASN Dibebastugaskan
  • Kemenhub Siapkan Sanksi
Jakarta, Indonesia --

Sebuah video yang memperlihatkan momen YouTuber asal Korea Selatan bernama Jiah mendapatkan ajakan ke hotel oleh pria Indonesia saat liburan ke Manado sedang viral.

Video berjudul 'Menjadi Teman dengan Para Om | ke Bunaken dari Manado' yang diunggah pada Minggu (5/5) itu pun kini ramai hingga ditonton lebih dari 281 ribu kali.

Kolom komentarnya dibanjiri lebih dari 9 ribu komentar per Sabtu (11/5) pukul 06.45 WIB.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jiah mulanya tengah menyantap makanan sendirian. Ia kemudian diajak ngobrol oleh dua laki-laki di meja seberang. Usai bergabung di meja lawan bicaranya, termasuk pria yang mengaku sebagai "Albert," Jiah diajak datang ke hotelnya.

ADVERTISEMENT

Usut punya usut, ternyata pria tersebut adalah Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara, Asri Damuna.

Indonesia.com merangkum sejumlah fakta terkait peristiwa tersebut, berikut rinciannya:

Diunggah di Youtube Jiah

Momen ajak tersebut diketahui terekam lewat video berjudul "Menjadi Teman dengan Para Om | ke Bunaken dari Manado" dan diunggah oleh Jiah di YouTube pada Minggu (5/5).

Dalam video itu, Jiah awalnya sedang menyantap makanan sendirian. Kemudian, dua orang laki-laki yang duduk di meja seberang kemudian mengajaknya mengobrol.

Kedua laki-laki itu adalah Asri Damuna yang mengaku bernama Albert dan rekannya bernama Alex.

Asri Damuna lantas menanyakan kepada Jiah soal lokasi tempatnya menginap. Setelahnya, ia kemudian mengajak Jiah ke hotel tempatnya dan Alex menginap.

"Mampir ke hotel boleh. Mampir ke hotel aku boleh," ujar salah satu pria itu.

"Tapi jam 2 perahu ke Bunaken [berangkat]," balas Jiah mengisyaratkan dirinya tidak bisa bergabung.

Masih dalam video itu terlihat obrolan mereka lalu berlanjut membahas topik lain. Kedua pria itu juga sempat menanyakan nomor telepon Jiah.

Perbincangan dan gestur dua WNI terhadap Jiah itu pun menuai sorotan dari netizen. Penonton video YouTube itu membanjiri kolom komentar dengan menuliskan pesan agar YouTuber itu lebih waspada ketika berkenalan dengan orang baru.

Oknum ASN Dibebastugaskan

Buntutnya aksinya tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lantas mengambil langkah untuk membebastugaskan Asri.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan langkah tersebut diambil untuk mempermudah proses penyelidikan terkait ajakan Asri terhadap Jiah.

"Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan video viral yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut," ujar Adita di Jakarta, Jumat (10/5).

Kemenhub Siapkan Sanksi

Terkait hal ini, Adita juga menyebut pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepqda Asri jika terbukti benar telah mengajak Jiah untuk ke hotel.

Hal ini, kata Adita, sejalan dengan perintah yang diberikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Jika terbukti benar, maka artinya yang bersangkutan tidak dapat menjaga marwah sebagai Aparatur Sipil Negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut," kata Adita.

(dis/arh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat