yoldash.net

MA Tutup Akses Publik Dokumen Putusan Cerai Ria Ricis dan Teuku Ryan

Mahkamah Agung memutuskan menutup akses publik terhadap putusan cerai Ria Ricis dan Teuku Ryan dan dokumen penyertanya.
Mahkamah Agung memutuskan menutup akses publik terhadap putusan cerai Ria Ricis dan Teuku Ryan dan dokumen penyertanya. (Tangkapan layar youtube Ricis Official)

Jakarta, Indonesia --

Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia resmi membatasi akses publik terhadap dokumen putusan cerai Ria Ricis dan Teuku Ryan. Putusan Pengadilan Agama Jakarta Selatan itu tidak lagi bisa diakses atau diunduh secara bebas.

Menurut pantauan di situs Direktori Putusan Mahkamah Agung, Selasa (7/5), halaman awal putusan PA Jakarta Selatan nomor 547/PDT.G/2024/PA.JS sudah tak menampilkan informasi umum maupun akses untuk melihat dokumen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Putusan ini tidak dapat dipublikasikan untuk melindungi privasi sesuai ketentuan SK KMA 1-144 Tahun 2011," tulis keterangan dalam halaman itu.

"Apabila kepentingan mengakses putusan itu untuk kepentingan akademis agar menghubungi PPID pengadilan yang bersangkutan," lanjut keterangan tertulis tersebut.

Berdasarkan keterangan di situs tersebut, dokumen putusan PA Jakarta Selatan tersebut diunggah pertama kali pada 2 Mei atau tepat saat Ria Ricis dan Teuku Ryan resmi bercerai.

[Gambas:Video CNN]



Sejak saat itu, dokumen putusan dikunjungi 2.760 kali dan telah diunduh sebanyak lebih dari 623 ribu kali. Dokumen itu kemudian tersebar di media sosial hingga viral karena mengungkap fakta-fakta perceraian Ria Ricis dan Teuku Ryan.

Dokumen setebal 87 halaman itu menampilkan sederet penyebab Ria Ricis menggugat Ryan. Sejumlah penyebab itu berhubungan dengan persoalan komunikasi hingga konflik yang bergejolak antara Ria dan Ryan.

Mahkamah Agung memutuskan untuk menutup akses publik terhadap putusan cerai Ria Ricis dan Teuku Ryan dan dokumen penyertanya seperti dilihat Indonesia.com pada Selasa (7/5).Mahkamah Agung memutuskan untuk menutup akses publik terhadap putusan cerai Ria Ricis dan Teuku Ryan dan dokumen penyertanya seperti dilihat Indonesia.com pada Selasa (7/5).  (Screenshot dari https://putusan3.mahkamahagung.go.id/ )

Ria Ricis juga membeberkan beberapa kejadian dan sikap Teuku Ryan yang membuatnya semakin mantap untuk mengajukan gugatan cerai pada 30 Januari 2024.

Beberapa di antaranya, yakni persoalan es susu kurma yang berujung tak harmonisnya hubungan Ria Ricis dan ibunda Ryan, persoalan nafkah batin, perubahan sikap Teuku Ryan, hingga ucapan Ryan yang menyinggung fisik Ria Ricis.

Perceraian Ria Ricis dan Teuku Ryan bermula dari gugatan cerai yang diajukan pada akhir Januari 2024. Gugatan itu muncul tiga tahun setelah pernikahan Ria Ricis dan Teuku Ryan.

Pasangan itu menikah pada 12 November 2021 di hotel bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Mereka kemudian dikaruniai anak pertama yang berjenis kelamin perempuan pada 26 Juli 2022.

Ria Ricis dan Teuku Ryan resmi bercerai setelah majelis hakim Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan mengeluarkan putusan pada Jumat (3/5).

(frl/chri)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat