yoldash.net

Viral di Medsos, Memangnya Bisa Cairan Infus Dijadikan Toner?

Baru-baru ini, seorang perempuan membagian kebiasaannya menggunakan cairan infus sebagai pengganti toner di medsos. Memangnya bisa?
Ilustrasi. Baru-baru ini, seorang perempuan membagian kebiasaannya menggunakan cairan infus sebagai pengganti toner di medsos. (iStockphoto/Prostock-Studio)

Jakarta, Indonesia --

Cairan infus untuk menggantikan toner dan membersihkan wajah, memang bisa?

Ada-ada saja hal yang viral di media sosial, khususnya di TikTok. Baru-baru ini seorang perempuan membagikan kebiasaannya menggunakan cairan infus ramai dibicarakan netizen.

Perempuan itu menggunakan cairan infus jenis NaCl 0,9 persen sebagai toner wajah. Menurutnya, kebiasaan itu bisa menghilangkan jerawat di kulit wajahnya.

Unggahannya juga mengundang berbagai reaksi netizen. Tidak sedikit yang setuju kalau cairan infus memang ampuh mengobati jerawat. Tapi, apakah benar?

Dokter spesialis kulit dan kelamin di Klinik Dermalogia Arini Astasari Widodo mengatakan, bagaimana pun cairan infus berbeda dengan toner yang memang dirancang untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT



Cairan infus tidak mengandung bahan aktif yang biasanya ditemukan dalam produk perawatan kuli, mulai dari antioksidan, bahan anti-inflamasi, hingga eksfoliasi.

"Ya, meskipun diklaim bisa melembapkan, cairan infus tidak memberikan manfaat tambahan yang diberikan toner yang memang sudah diformulasikan dengan baik," kata Arini saat dihubungi Indonesia.com, Kamis (11/7).

Menurut dia, sebelum menggunakan sesuatu, apalagi diaplikasikan ke kulit wajah, penting untuk mengevaluasi apakah ada dasar ilmiah yang mendukung klaim tersebut. Selain itu, penting juga memahami dampak klinis dari penggunaan cairan infus sebagai toner wajah ini.

Kata Arini, cairan infus seperti saline atau larutan natrium klorida 0,9 persen memang bisa memberikan hidrasi pada kulit. Pasalnya, cairan ini memang mengandung air dan elektrolit yang bisa membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Cairan infus juga steril karena digunakan untuk keperluan medis. Namun, tetap saja cairan ini dibuat bukan untuk dijadikan toner. Tak akan ada efek signifikan yang didapat saat cairan infus diaplikasikan ke wajah.

"Memang ada efek kenyamanan karena ada sensasi dingin dan melembapkan. Tapi ini cairan infus, bukan toner, jadi tidak akan memberi manfaat seperti toner," kata Arini.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat