yoldash.net

Cara Menyimpan Susu Sesuai Jenis, Mana yang Harus Disimpan di Kulkas?

Tak semua susu harus dimasukkan ke dalam kulkas. Berikut cara menyimpan susu sesuai jenisnya.
Ilustrasi. Tak semua susu harus dimasukkan ke dalam kulkas. (iStock/Bebenjy)

Daftar Isi
  • Jenis susu dan cara menyimpannya
    • 1. Susu pasteurisasi
    • 2. Susu cair segar
    • 3. Susu rasa
    • 4. Susu evavorasi
    • 5. Susu kental manis
    • 6. Susu UHT
Jakarta, Indonesia --

Cara menyimpan susu jadi perbincangan gara-gara sebuah video viral. Video itu memperlihatkan seorang wanita yang mengamuk lantaran susu UHT yang dibelinya tidak dingin alias tidak dimasukkan ke dalam kulkas.

Video itu memicu obrolan seputar cara menyimpan susu. Faktanya, tak semua susu harus dimasukkan ke dalam kulkas.

Sebut saja susu UHT, sebagaimana yang diributkan oleh wanita dalam video viral. Susu UHT aman disimpan dalam suhu ruang selama kemasannya belum dibuka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, bagaimana cara menyimpan susu yang benar berdasarkan jenis susunya?

Susu jadi salah satu produk yang hampir selalu ada di setiap rumah. Entah itu susu bubuk, susu cair biasa, atau susu dengan berbagai aneka rasa.


Susu juga jadi salah satu minuman sehat tinggi kalsium. Minuman ini bahkan dianggap sebagai salah satu sumber kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi.

Jenis susu dan cara menyimpannya

Meski bentuknya terlihat sama, masing-masing susu sebenarnya berbeda. Berikut beberapa jenis susu dan cara menyimpannya.

1. Susu pasteurisasi

Susu pasteurisasi grade A adalah susu segar kualitas tinggi yang diproduksi dengan sangat baik untuk menjaga kualitas dan keselamatan konsumen. Susu mentah biasanya akan dipasteurisasi dengan suhu rendah dan dipanaskan selama 30 menit.

Cara menyimpan susu ini adalah dengan menyimpannya di suhu yang sangat dingin, yakni 45 derajat Fahreinheit atau sekitar 7 derajat Celcius. Semakin dingin, maka susu akan makin awet tahan lama.

2. Susu cair segar

Front view of a pitcher pouring milk into a drinking glass on a rustic wooden background. Low key DSLR photo taken with Canon EOS 6D Mark II and Canon EF 24-105 mm f/4LIlustrasi. Cara menyimpan susu berbeda-beda tergantung jenisnya. (iStockphoto/carlosgaw)

Susu cair segar harus disimpan di suhu dingin, di bawah 40 derajat Fahrenheit atau sekitar 4 derajat Celcius.

Jenis susu ini juga tidak boleh ditumpuk terlalu tinggi di etalase toko. Jika suhunya terlalu panas, susu akan membusuk, bau asam, rasa tidak enak, dan mengental.

3. Susu rasa

Merangkum berbagai sumber, susu dengan aneka rasa seperti cokelat, kopi, stroberi, pisang, dan lainnya harus disimpan di lemari pendingin. Sifatnya mirip dengan susu cair segar.

4. Susu evavorasi

Susu ini bisa disimpan di suhu ruang, asalkan sejuk dan kering. Anda bisa menyimpannya di rak.

Namun, jika telah dibuka, maka simpan susu di dalam kulkas dan habiskan selama beberapa hari.

5. Susu kental manis

Susu kental manis bisa disimpan di suhu ruang asalkan sejuk dan kering selama kemasan belum dibuka. Tapi, susu ini juga baik jika disimpan di dalam kulkas.

6. Susu UHT

Susu UHT sebenarnya susu cair biasa yang dikemas dalam wadah karton kedap udara dan telah disterilkan.

Susu ini aman disimpan di suhu rung selama berbulan-bulan. Tapi, jika kemasannya telah dibuka, maka sebaiknya simpan di dalam kulkas.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat