yoldash.net

7 Makanan yang Mengandung Kolagen, Bikin Kulit Kenyal dan Awet Muda

Ada banyak jenis makanan mengandung kolagen yang cukup tinggi. Makanan-makanan ini bisa ditambahkan dalam menu diet sehari-hari agar kulit tetap kenyal.
Ilustrasi. Brokoli, salah satu makanan yang mengandung kolagen. (iStockphoto/Mizina)

Daftar Isi
  • Makanan mengandung kolagen
    • 1. Brokoli
    • 2. Lidah buaya
    • 3. Kaldu tulang
    • 4. Ayam
    • 5. Putih telur
    • 6. Bawang putih
    • 7. Tomat
Jakarta, Indonesia --

Ada banyak jenis makanan mengandung kolagen yang cukup tinggi. Makanan-makanan ini bisa ditambahkan dalam menu diet sehari-hari agar kulit tetap kenyal dan kinclong.

Kolagen punya banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Kolagen banyak digunakan untuk memperlambat penuaan.

Kolagen sendiri merupakan jenis protein alami yang tak larut. Meski tubuh dapat memproduksi kolagen secara alami, namun jumlahnya bisa menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini-lah yang membuat kolagen kerap dikaitkan dengan penuaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kolagen sendiri diketahui dapat membantu mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, hingga mengatasi kulit kering.

Makanan mengandung kolagen

Kolagen yang selama ini dikenal orang mungkin berupa suplemen yang harganya bisa menguras kantong. Padahal, kolagen tidak hanya didapat dari suplemen, tapi bisa juga dari berbagai makanan sehari-hari.


Berikut beberapa makanan mengandung kolagen yang bisa dicoba.

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin C. Menukil Eating Well, vitamin C punya kemampuan membentuk kolagen.

2. Lidah buaya

Sebuah studi yang diterbitkan di The Journal of Dermatology pada 2020 lalu menemukan kolagen dalam lidah buaya. Kolagen berguna untuk menurunkan risiko penuaan dan membuat kulit lebih elastis.

3. Kaldu tulang

Sup Tulang Sapi Ala Korea restoran Sinseon Seolnongtang di Myeong-dongIlustrasi. Ada banyak jenis makanan mengandung kolagen. (Indonesia/Jonathan Patrick)

Sudah bukan rahasia lagi kalau kaldu tulang adalah sumber kolagen yang kerap jadi pilihan banyak orang. Meski begitu, mengutip Healthline, kolagen dalam kaldu tulang sebenarnya tidak terlalu tinggi.

4. Ayam

Ayam adalah makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Sebuah studi di Mice menyebut, tulang ayam dan bagian tulang rawannya mengandung kolagen yang cukup tinggi dan bisa memberikan manfaat anti-inflamasi serta manfaat kesehatan lainnya.

5. Putih telur

Kandungan proline pada putih telur jadi salah satu pembentuk kolagen. Dengan mengonsumsi putih telur, kebutuhan tubuh akan kolagen bisa terpenuhi.

6. Bawang putih

Bawang putih juga mengandung kolagen yang dibutuhkan tubuh. Jangan lupa untuk terus memasukkan bawang beraroma kuat ini dalam setiap masakan.

7. Tomat

Tomat juga jadi salah satu makanan mengandung kolagen. Satu buah tomat berukuran sedang bisa menyediakan sejumlah besar nutrisi penting untuk menghasilkan kolagen.

Selain itu, tomat juga mengandung likopen dalam jumlah besar. Likopen sendiri adalah senyawa antioksidan yang kuat untuk menunjang kesehatan kulit.

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat