yoldash.net

PPI Greater Leeds Hadirkan Pesona Indonesia Lewat ICAF 2024

Indonesian Cultural Arts Festival (ICAF) 2024 mendapat sambutan hangat dari masyarakat internasional yang berdomisili di Leeds, Inggris.
Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Greater Leeds menghadirkan Indonesian Cultural Arts Festival (ICAF) 2024 di Leeds, Inggris, baru-baru ini. (Foto: dok PPI Greater Leeds)

Jakarta, Indonesia --

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Greater Leeds menghadirkan Indonesian Cultural Arts Festival (ICAF) 2024 bertema "A Glimpse of Nusantara: The Beauty of Our Land" yang dihadiri lebih dari 500 orang Warga Negara Indonesia (WNI) dan masyarakat internasional di Leeds, Inggris, baru-baru ini.

Berlokasi di Riley Smith Theatre, University of Leeds, ICAF 2024 terdiri dari agenda penampilan berbagai tarian tradisional Indonesia seperti Tari Piring dari Sumatera Barat hingga Tari Burung Enggang dari Kalimantan, serta sajian lagu-lagu daerah seperti Sipatokaan asal Sulawesi Utara dan Rasa Sayange dari Maluku.

Perwakilan panitia penyelenggara yang juga merupakan pengurus PPI Greater Leeds, Shidqy Fauzan mengatakan, ICAF 2024 sekaligus menjadi kesempatan memperkenalkan kekayaan budaya Nusantara secara langsung dan mendalam kepada masyarakat internasional.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami juga berkomitmen untuk memperkenalkan budaya Indonesia lebih dalam lagi kepada masyarakat internasional melalui berbagai penampilan dan informasi yang kami sajikan, serta pengalaman interaktif di booth informasi budaya," kata Shidqy.

Pada ICAF 2024, PPI berupaya menghadirkan pengalaman unik bagi pengunjung dengan menyajikan nuansa nostalgia melalui beragam jajanan serta permainan tradisional seperti congklak dan bola bekel.

ADVERTISEMENT

PPI juga membuka dua booth informasi budaya yang menampilkan visual tentang keindahan alam Indonesia, lengkap dengan kartu-kartu pos yang menginformasikan tentang tarian tradisional, resep masakan khas daerah, hingga landmark ikonik sebuah kota.

ICAF 2024(Foto: dok PPI Greater Leeds)

Peta Indonesia yang dihiasi dengan ciri penanda seperti Monas di Jakarta juga menarik perhatian pengunjung. Yang tak kalah ramai, booth listening bar yang menyuguhkan alunan khas Nusantara, di mana pengunjung bisa mendengarkan lagu Indonesia lewat headphone dan memainkan alat musik seperti angklung dan rebana.

Seorang pengunjung asal Nigeria, Daniel Tarerefa mengaku mengetahui Indonesia dari salah satu produk mie instan yang populer di negaranya. Datang ke ICAF 2024 pun memberinya pengetahuan lebih dalam terkait Indonesia.

"Acara ini sangat menakjubkan. Saya menikmati lagu-lagunya, mempelajari budaya tari Indonesia, dan mencicipi hidangan khas Indonesia yang sangat enak. Saya bahagia bisa menikmati acara ini dan terima kasih telah memberikan pengalaman luar biasa," kata Daniel.

Laveena Francis, seorang mahasiswi asal India juga mengungkapkan kekaguman terhadap Indonesia usai mengunjungi ICAF 2024. Dirinya mengaku terkesan dengan keindahan dan keragaman budaya yang ditampilkan melalui tarian dan lagu-lagu tradisional.

"Sungguh menakjubkan menyaksikan pertunjukan yang begitu indah dan penuh warna, baik tarian maupun lagu yang mereka bawakan. Saya dari India, dan saya belum pernah ke Indonesia. Namun, melalui acara ini, saya bisa merasakan langsung keindahan budaya Indonesia di sini, di Inggris," ujar Laveena.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat