yoldash.net

Agoda: Pencarian Wisatawan Indonesia ke Asia Tenggara Naik 26%

Platform perjalanan digital Agoda mengungkapkan adanya peningkatan 26% dalam perjalanan dari Indonesia ke destinasi-destinasi di Asia Tenggara.
Kota kuno ayutthaya didirikan 1350 pada zaman pemerintahan raja ramathibodi atau yang dikenal sebagai

Jakarta, Indonesia --

Antusiasme wisatawan Indonesia untuk menjelajahi negara-negara tetangga di Asia Tenggara menunjukkan kenaikan dibandingkan tahun lalu.

Platform perjalanan digital Agoda mengungkapkan adanya peningkatan 26% dalam perjalanan dari Indonesia ke destinasi-destinasi di Asia Tenggara dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan pencarian akomodasi di Agoda, Thailand menjadi pilihan utama bagi wisatawan Indonesia di Asia Tenggara, diikuti oleh Singapura, Indonesia, Filipina dan Laos.

Survei Agoda mengungkapkan wisatawan Indonesia tak hanya ingin menjelajahi destinasi baru, namun juga semakin sadar akan pilihan perjalanan yang berkelanjutan. Sebanyak 79% wisatawan Indonesia mendambakan perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

Bagi mereka, insentif finansial, ketersediaan paket wisata berkelanjutan, dan panduan wisata berkelanjutan yang lebih jelas menjadi faktor penting dalam memilih destinasi dan aktivitas wisata.

Ketika ditanya tentang praktik wisata berkelanjutan yang diprioritaskan, wisatawan Indonesia menyatakan bahwa mendukung komunitas lokal dan proyek konservasi (29%), aktif mendaur ulang dan mengurangi limbah (19%), serta memilih paket wisata berkelanjutan yang mempromosikan aktivitas dan tur berfokus pada konservasi (18%) menjadi pilihan utama mereka.

Bagi wisatawan Indonesia yang peduli lingkungan, Agoda menawarkan program Eco Deals. Program ini memberikan diskon akomodasi hingga 15% dan menyumbangkan satu dolar untuk World Wide Fund For Nature (WWF) untuk setiap pemesanan.

"Wisatawan Indonesia semakin banyak yang bepergian ke luar negeri, dan program Eco Deals merupakan kesempatan besar bagi mereka, tidak hanya untuk mendapatkan pengalaman baru, namun juga untuk berkontribusi secara positif terhadap tempat-tempat yang mereka kunjungi," kata Vice President Agoda Enric Casals dikutip Senin (10/6).

"Ada sekitar empat ribu properti yang dapat dipilih di Asia Tenggara. Ini berarti, akan ada akomodasi Eco Deals yang ideal untuk setiap wisatawan Indonesia," ujarnya.

Berikut daftar destinasi yang paling banyak dicari oleh wisatawan Indonesia antara Mei hingga Desember 2024.

AgodaFoto: Arsip Agoda

Thailand

Thailand menjadi pilihan utama karena di Bangkok menawarkan berbagai pengalaman dan kegembiraan untuk dicoba. Di mana wisatawan dapat mengeksplorasi wisata kuliner kaki lima di Yaowarat atau menyaksikan pertunjukan wayang tradisional Thailand di Artist's House.

Tidak hanya itu, di Chiang Mai wisatawan dapat menikmati pemandangan kuil-kuil kuno dan menikmati makanan sambil bersantai di tepi sungai.

Tidak sampai di situ, di Phuket, yang terletak di bagian selatan Thailand, wisatawan dapat mengikuti tur perahu ke pulau-pulau terdekat seperti Phi Phi yang dikenal sebagai pantai surga, untuk bersantai dan menikmati snorkeling atau menyelam di pulau-pulau sekitarnya.

Singapura

Singapura menawarkan berbagai pengalaman menarik bagi para wisatawan. Di sini, Anda akan terpesona dengan keindahan futuristik Gardens by the Bay.
Kemudian, Anda juga bisa mencicipi jajanan berbintang Michelin di Hawker Chan's, atau berbelanja di Orchard Road yang ramai.

Selain itu, Anda dapat menikmati koktail dan pemandangan panoramik di rooftop bar Marina Bay Sands. Kemudian, jalan santai di tengah rimbunnya pepohonan di Singapore Botanic Gardens.

Indonesia

Indonesia juga menawarkan sejumlah keindahan bagi wisatwan. Antara lain keindahan matahari terbit di tengah-tengah area berkabut yang tenang di Candi Borobudur Yogyakarta, salah satu situs Warisan Dunia UNESCO.

Kemudian, mencicipi makanan tradisional Bali di Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Warung Makan Bu Rus, Warung Ibu Oka dan Ayam Betutu Pak Sanur. Selanjutnya berselancar di Pantai Kuta.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjelajahi pasar-pasar yang ramai di Jakarta, seperti Pasar Baru, serta restoran-restoran mewah seperti Nusa Gastronomy, dengan spesialisasi makanan Indonesia yang inovatif.

Kemudian, yang tak kalah menarik adalah pertunjukan tari tradisional nusantara dan ritual budaya, seperti Tari Kecak di Bali, Wayang Kulit di Yogyakarta, dan upacara pemakaman khas Tana Toraja. Setiap kegiatan memberikan rasa yang kaya akan budaya dan kemegahan alam Indonesia yang beragam.

Filipina

Bagi wisatawan yang datang ke sini bisa melakukan petualangan dengan kite surfing di pantai Boracay yang masih alami atau hanya bersantai dengan pesta makanan laut di tepi pantai.

Kemudian, menjelajahi kekayaan sejarah Manila dengan sepeda bambu di kota bertembok Intramuros atau cicipi kuliner Filipina yang inovatif di restoran lokal. Dan untuk sensasi yang lebih seru, berenang bersama hiu paus di Cebu atau berkayak di tengah pemandangan menakjubkan di Bacuit Bay di Palawan.

Laos

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara di Laos, Anda bisa menyusuri pasar malam Luang Prabang setelah seharian mengunjungi berbagai kuil, mencoba kopi Laos di kafe-kafe yang nyaman, dan rasakan sensasi menjelajahi gua atau berkayak di sungai di Vang Vieng.Di Vientiane, nikmati citarasa yang khas di restoran lokal di sekitar Sisavangvong Road.

Bagi wisatawan Indonesia yang ingin menjelajahi Asia Tenggara dengan harga yang terjangkau sekaligus memberikan manfaat positif dapat mulai merencanakan perjalanan mereka dengan mengunjungi www.agoda.com/ecodeals.

ADVERTISEMENT

(inh/inh)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat