yoldash.net

Idul Adha di Saudi 16 Juni, Kapan Jadwal Puasa Arafah di Indonesia?

Arab Saudi menetapkan Idul Adha 10 Zulhijah 1445 H jatuh pada 16 Juni 2024. Lantas, kapan jadwal puasa Arafah di Indonesia?
Ilustrasi. Idul Adha di Arab Saudi jatuh pada 16 Juni 2024. Lantas, kapan jadwal puasa Arafah di Indonesia? (iStockphoto/Forclick Studio)

Jakarta, Indonesia --

Arab Saudi menetapkan Idul Adha 10 Zulhijah 1445 H jatuh pada 16 Juni 2024. Lantas, kapan jadwal puasa Arafah di Indonesia?

Dilaporkan Al Arabiya, Arab Saudi mengumumkan perayaan Idul Adha dilaksanakan pada Minggu (16/6). Oleh karenanya, hari Arafah jatuh sehari sebelumnya yakni Sabtu (15/6).

Bagaimana dengan Indonesia?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di Indonesia, hari perayaan Idul Adha ditentukan oleh sidang Isbat. Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat hari ini, Jumat (7/6).

"Sidang Isbat ini penting untuk selalu kita laksanakan, karena masyarakat menunggu pengumuman resmi dari pemerintah," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam keterangan di laman resmi Kemenag.

ADVERTISEMENT

Sidang Isbat mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan Ormas Islam dan Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Jika belum ada kepastian hari perayaan Idul Adha, maka jadwal puasa Arafah juga belum bisa dipastikan. Pasalnya, puasa arafah adalah puasa yang dilaksanakan satu hari jelang hari raya Idul Adha.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan hari raya Idul Adha atau 10 Dzulhijah 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Penetapan ini berdasarkan perhitungan hisab hakiki wujudul hilal.

"Berpegang teguh pada kriteria tersebut, Muhammadiyah menetapkan bahwa awal Zulhijah 1445 H akan jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. Keputusan ini telah disampaikan untuk memastikan umat Islam dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk melaksanakan amalan-amalan khusus yang terdapat dalam bulan yang mulia ini," kata Sayuti dalam keterangannya di laman resmi Muhammadiyah.

Dari keputusan ini berarti hari Arafah jatuh pada Minggu (16/6).

Jadwal puasa Tarwiyah dan Aarafah 2024

Close-up islam woman hand pray. Happy Asian muslim family praying to god before eating Ramadan dinner at home. Two generation celebration of Eid al-Fitr togetherness at home. Hari Raya family reunion.Ilustrasi. Arab Saudi menetapkan Idul Adha 1445 H jatuh pada 16 Juni 2024, sementara di Indonesia masih menunggu hasil sidang Isbat. (iStockphoto/Tirachard)

Lantas kapan jadwal puasa Tarwiyah dan Arafah 2024 di Indonesia?

Terkait hal itu, perlu diketahui dulu penetapan 10 Zulhijah atau hari raya Idul Adha 2024.

Jika Idul Adha dirayakan berbarengan pada 17 Juni, maka puasa Tarwiyah jatuh pada tanggal 8 Zulhijah, bertepatan dengan Sabtu, 15 Juni 2024.

Sementara Puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Zulhijah atau Minggu, 16 Juni 2024.

(els/pua)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat