yoldash.net

Pahami Dulu Sebelum Menginap di Hotel, Apa Itu Late Check Out?

Dalam keadaan atau kebutuhan tertentu, tamu dapat meminta izin pihak hotel untuk memperpanjang waktu tinggal mereka di kamar atau late check-out.
Ilustrasi kamar hotel. (davidlee770924/Pixabay)

Jakarta, Indonesia --

Biasanya ketika menginap di hotel, tamu diwajibkan untuk meninggalkan kamar dan menyelesaikan proses check-out sebelum pukul 12 siang. Namun, dalam keadaan mendesak atau karena adanya kebutuhan tertentu, tidak selalu demikian.

Dalam keadaan atau kebutuhan tertentu, tamu dapat meminta izin pihak hotel untuk memperpanjang waktu tinggal mereka di kamar.

Praktik ini umumnya dikenal sebagai 'late check-out' dan seringkali dapat diakomodasi oleh hotel sebagai bentuk layanan tambahan untuk kenyamanan tamu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Catalonia Hotel and Resort, beberapa hotel menyetujui late check-out hingga pukul 14.00 atau bahkan pukul 18.00 dalam kasus tertentu, asalkan tamu meminta terlebih dahulu dan tergantung ketersediaan kamar.

Secara umum, hotel sendiri menetapkan waktu check-out sekitar tengah hari, yang memberikan waktu bagi staf untuk membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu berikutnya.

ADVERTISEMENT

Dengan layanan late check-out, tamu dapat meninggalkan kamar mereka lebih lambat dari waktu check-out standar. Ini memberikan kesempatan bagi tamu untuk bersantai lebih lama, mandi setelah pertemuan pagi, atau mengemas barang-barang mereka tanpa terburu-buru.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pengajuan late check out, tergantung dari kebijakan hotel yang kamu tempati.

Melansir dari Parador Hotel and Resort, jika tamu check-out setelah pukul 12.00, hotel mungkin akan mengenakan biaya tambahan. Biaya ini biasanya sekitar 50 persen dari tarif kamar harian.

Jika check-out dilakukan setelah pukul 17.00, tamu mungkin harus membayar 100 persen dari tarif kamar untuk satu malam. Kebijakan ini bervariasi antar hotel, sehingga penting bagi tamu untuk menanyakan rinciannya saat check-in.

Late check-out pun menawarkan fleksibilitas bagi tamu yang menginap untuk keperluan bisnis atau pertemuan, memungkinkan mereka untuk bersiap-siap di pagi hari berikutnya tanpa tergesa-gesa.

Bagi keluarga yang berlibur, layanan ini mengizinkan mereka untuk menikmati fasilitas hotel lebih lama dan meninggalkan hotel pada waktu yang telah disepakati dengan staf hotel, jika tersedia. Ini tentu menambah kenyamanan dan kepuasan selama menginap, baik untuk urusan bisnis, liburan, atau sekadar menginap semalam.

(anm/wiw)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat