yoldash.net

7 Tips Rawat Tanaman Hias Saat Ditinggal Mudik

Sebentar lagi libur Lebaran, dan banyak yang memutuskan untuk pergi mudik. Gimana nasib tanaman? Ini tips tanaman hias ditinggal mudik agar tetap sehat.
Sebentar lagi libur Lebaran, dan banyak yang memutuskan untuk pergi mudik. Gimana nasib tanaman? Ini tips tanaman hias ditinggal mudik agar tetap sehat dan cantik.(iStockphoto)

Daftar Isi
  • Tips Tanaman Hias Ditinggal Mudik 
    • 1. Kenali tanamanmu 'luar-dalam'
    • 2. Beri nutrisi sebelum pergi
    • 3. Buat sistem pengairan sederhana
    • 4. Meminta bantuan teman
    • 5. Botol plastik
    • 6. Houseplant bath
    • 7. Sesuaikan kondisi ruangan
Jakarta, Indonesia --

Sebentar lagi libur Lebaran, dan banyak yang memutuskan untuk pergi mudik. Gimana nasib tanaman? Ini tips tanaman hias ditinggal mudik agar tetap sehat dan cantik. 

Tak tega pastinya kalau harus meninggalkan tanaman hias kesayangan tanpa perawatan saat harus mudik ke kampung halaman. 

Meski harus ditinggal beberapa hari, pastikan tanaman hias Anda tak merana lantaran tetap dirawat dengan baik dan kebutuhan pupuk serta airnya masih tetap terpenuhi. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa jenis tanaman hias mungkin memerlukan penyiraman setiap hari. Tanaman favorit Anda mungkin 'sensitif' dengan suhu tertentu sehingga Anda harus memodifikasi ruangan agar tanaman tetap tumbuh subur.

Anda tak bisa sembarangan meninggalkan tanaman di rumah saat libur panjang. Alih-alih tumbuh subur, tanaman hias mungkin sudah layu saat Anda tiba di rumah. Agar terhindar dari kondisi itu, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

ADVERTISEMENT

Tips Tanaman Hias Ditinggal Mudik 

1. Kenali tanamanmu 'luar-dalam'

Mengutip Good Housekeeping, tanaman hias yang disiram dengan baik akan bertahan selama beberapa hari tanpa air. Beberapa jenis tanaman hias juga bisa bertahan tanpa air dalam waktu seminggu, tergantung jenis tanamannya.

Anda sebaiknya mengetahui jenis tanaman yang Anda miliki, berapa lama dia mampu bertahan tanpa air dan pencahayaan yang cukup. Hal ini akan membantu Anda mempersiapkan perjalanan dan mengetahui kapan tanaman membutuhkan air sehingga Anda bisa menjadwalkan penyiraman.

2. Beri nutrisi sebelum pergi

Jika Anda hanya pergi selama beberapa hari, maka beri tanaman air tepat sebelum Anda berangkat. Anda juga bisa memberi pupuk atau vitamin pada tanahnya sehingga tetap ternutrisi selama Anda berlibur.

Pastikan juga menempatkan tanaman hias pada tempat yang tepat. Beberapa tanaman hias tak bisa langsung terkena sinar matahari, sementara yang lainnya harus mendapatkan sinar matahari cukup.

3. Buat sistem pengairan sederhana

Anda hanya punya satu atau dua jenis tanaman hias dan bingung bagaimana menyiramnya selama ditinggal liburan? Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Pertama, dibutuhkan wadah berisi air, sumbu atau benang tebal. Letakkan wadah berisi air dekat dengan tanaman Anda, kemudian tempatkan salah satu ujung sumbu ke dalam wadah berisi air, dan satu ujung lainnya ke dalam pot tanaman. Pastikan ujung sumbu menyentuh dasar wadah berisi air, sementara ujung lainnya setidaknya harus masuk 7 sentimeter dalam pot.

Saat tanah mengering, air akan mengalir ke sumbu untuk mengisi kembali kelembapannya.

4. Meminta bantuan teman

Tak ada salahnya meminta tolong pada teman yang Anda percaya untuk merawat tanaman di rumah. Berikan note kecil di setiap tanaman berisi informasi kapan waktu penyiraman dan berapa banyak air yang dibutuhkan. 

Namun ada baiknya untuk memastikan teman Anda ini juga seorang pecinta tanaman atau telaten. Jika tidak, bisa-bisa hanya asal siram dan tanaman mati. 

5. Botol plastik

Melansir berbagai sumber, botol plastik bekas juga dapat dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Caranya dengan mengisi botol dengan air dan menutupnya dengan rapat.

Kemudian lubangi beberapa bagian dari botol tersebut dan tempatkan di pot tanaman. Selain mudah diterapkan, metode ini juga cukup efektif menyirami tanaman sekitar 4-5 hari.

6. Houseplant bath

Houseplant bath merupakan metode merendam tanaman di dalam wadah berisi air. Adapun caranya adalah dengan mengisi wadah dengan air kemudian masukkan pot tanaman di dalamnya.

Anda dapat menyesuaikan ukuran wadah dengan pot tanaman. Metode ini dapat digunakan untuk tanaman yang memiliki tanah basah dan bertahan cukup lama yakni satu pekan.

7. Sesuaikan kondisi ruangan

Tanaman umumnya menyukai suhu dalam kondisi yang sedang. Artinya, tidak kedinginan atau kepanasan. Sebaiknya tempatkan tanaman di suhu ruangan.

Itulah tips tanaman hias ditinggal mudik agar tetap sehat dan tumbuh cantik.

 

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat