yoldash.net

5 Cara Mengecat Tembok dari Warna Gelap ke Terang

Anda bisa mengikuti beberapa cara mengecat tembok dari warna gelap ke warna terang berikut ini. Dijamin, warna terang yang baru akan lebih keluar.
Ilustrasi. Anda bisa mengikuti beberapa cara mengecat tembok dari warna gelap ke warna terang berikut ini. (istockphoto/nycshooter)

Daftar Isi
  • Cara mengecat tembok dari warna gelap ke terang
    • 1. Pilih primer yang tepat
    • 2. Pilih roller yang tepat
    • 3. Bersihkan dinding
    • 4. Pakai cat setebal mungkin
    • 5. Arah sapuan roller yang tepat
Jakarta, Indonesia --

Kurang dari dua bulan, tahun baru akan tiba. Anda mungkin mulai berpikir untuk mengecat ulang tembok rumah dari yang semula warna gelap ke warna yang lebih terang agar terkesan cerah dan ceria.

Tapi, Anda mungkin kebingungan soal bagaimana cara mengecat tembok dari warna gelap ke warna terang?

Cat yang gelap membuat rumah terkesan sempit atau kecil. Anda pun mulai berpikir untuk mengubahnya ke warna cerah agar terlihat lebih luas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tapi, mengubah warna dari gelap ke terang memang bukan perkara mudah. Sebab, warna gelap biasanya lebih mendominasi dan bisa mengubah warna cat cerah yang Anda pilih jadi terlihat kotor dan tidak indah.

ADVERTISEMENT

Melansir House Digest, warna-warna terang cocok digunakan di ruangan dengan pencahayaan yang kurang. Misalnya, rumah Anda memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan kurang cahaya matahari masuk, akan sangat bagus memilih cat berwarna terang.

Cara mengecat tembok dari warna gelap ke terang

Tapi, perlu pengerjaan dan bahan yang tepat agar dinding yang semula berwarna gelap bisa cerah sempurna. Terutama setelah ditimpa warna cat cerah sesuai pilihan Anda.

Berikut beberapa cara mengecat tembok dari warna gelap ke terang yang tepat.

1. Pilih primer yang tepat

Untuk mencerahkan ruangan, memilih primer yang tepat jadi langkah pertama yang perlu dilakukan. Anda tidak boleh berhemat dengan memilih primer murah dengan kualitas di bawah standar.

Gunakan primer putih dengan kualitas yang sangat bagus. Anda juga perlu menggunakan primer yang sangat banyak agar warna gelap benar-benar bisa tertutup oleh warna dasar ini.

Menggunakan cat dasar putih pada dinding berwarna gelap adalah kunci keberhasilan peralihan warna. Jika hal ini dilewatkan, maka warna cerah yang diinginkan akan terlihat redup.

Anda harus membuat setidaknya dua lapis cat dasar. Biarkan setiap lapisan benar-benar kering sebelum mengecat lapisan berikutnya.

2. Pilih roller yang tepat

[foto]

Jika dinding gelap tapi memiliki permukaan halus, pilih roller busa atau alas yang lebih tipis. Mengutip berbagai sumber, bahan ini biasanya ideal untuk dinding dalam ruangan.

Anda juga harus memilih roller berkualitas tinggi. Produk dengan kualitas tinggi cenderung menghasilkan lapisan cat yang lebih halus dan tebal dibanding produk murahan.

3. Bersihkan dinding

Tips mengecat dinding dari warna gelap ke terang salah satunya adalah membersihkan dinding. Semakin bersih dinding, semakin halus pula cat yang dihasilkan. Anda perlu mengampelas permukaan yang akan dicat. Pengampelasan akan menurunkan risiko cat yang menggelembung.

4. Pakai cat setebal mungkin

Kesalahan umum yang biasa dilakukan saat mengecat adalah menggunakan cat terlalu tipis. Padahal, agar hasil sempurna, kuncinya adalah menggunakan cat tebal.

Cat tebal membuat warna sebelumnya benar-benar hilang. Akan sangat bagus ketika Anda melapisi cat berulang kali agar warna benar-benar terang.

5. Arah sapuan roller yang tepat

Saat menyapukan roller, lakukan dengan arah membentuk huruf M atau W, bukan hanya digerakkan dari atas ke bawah. Cara ini memberikan waktu beberapa detik untuk membuat cat mengering daripada langsung menutupinya dengan arah cat atas bawah.

Terus pakai lapisan cat dengan arah sapuan M atau W hingga warna gelap benar-benar hilang.

Demikian beberapa cara mengecat tembok dari warna gelap ke warna terang. Selamat mencoba!

(tst/asr)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat