yoldash.net

6 Tanda Kamu dan Dia Sudah Siap Menikah

Ada 6 tanda yang bisa jadi menunjukkan Anda dan pasangan memang sudah siap untuk menikah.
Ada 6 tanda yang bisa jadi menunjukkan Anda dan pasangan memang sudah siap untuk menikah. (iStock/saiva)

Jakarta, Indonesia --

Sebagian besar pasangan menginginkan hal yang serius dan berkomitmen dalam menjalani hubungan, salah satunya adalah pernikahan.

Namun untuk melangkah ke jenjang perkawinan bukan sekadar menyelenggarakan hajatan dan bisa gelar pesta atau berfoto cantik hasil riasan MUA.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apalagi, angka kegagalan perkawinan atau perceraian juga terus bertambah. Menurut data BPS pada 2021, ada 447.743 kasus perceraian di Indonesia. Angka itu naik 53 persen dibanding 2020 yang sebesar 291.677 kasus. Ini pun baru kasus di masyarakat muslim.

Namun bagaimana bisa mengetahui kita dan pasangan sudah siap menikah?

Seorang terapis perkawinan dan pendiri lembaga konseling pranikah, Elizabeth Earnshaw, menjabarkan beberapa hal yang bisa jadi tanda bahwa kita dan pasangan memang sudah siap berumah tangga.

Biasanya, kata Earnshaw, lamaran sebaiknya dilakukan setelah pasangan selesai dengan tahan "honeymoon" alias fase-fase awal hubungan yang ditandai gelora asmara yang berapi-api.

[Gambas:Video CNN]



"Selama fase honeymoon, pasangan sering terpengaruh dengan banyak hormon cinta. Hormon-hormon ini membuat orang lebih memilih melihat yang bagus saja, dan membuang yang buruk," kata Earnshaw, dikutip dari Mind Body Green.

Menurut Earnshaw, fase honeymoon biasanya berlangsung sekitar tiga bulan hingga setahun, dan biasanya ditandai dengan gairah, emosi intens, dan kegilaan.

Ilustrasi kue pernikahanSebagian besar pasangan menginginkan hal yang serius dan berkomitmen dalam menjalani hubungan, salah satunya adalah pernikahan. (SplitShire)

Akan tetapi, ada 6 tanda yang bisa jadi menunjukkan Anda dan pasangan memang sudah siap untuk menikah.


1. Saling bahas pernikahan

Menurut Earnshaw, lamaran sejatinya bukanlah "kejutan" seperti pesta ulang tahun. Mungkin cara dan waktu melamarnya memang kejutan, tapi topik untuk menikah sebaiknya memang bukan "kejutan".

Sehingga, kata Earnshaw, pasangan yang memang benar-benar siap menikah ya memang sudah kerap membahas perkawinan dan berumah tangga, bukan yang menghindar apalagi menolak membahasnya.

"Jangan melamar tanpa perasaan dan situasi yang jelas apa yang pasangan kalian inginkan dari hubungan kalian," kata Earnshaw.

2. Merasa dengan pasangan adalah kesatuan

Kata Earnshaw, tanda Anda dan pasangan sudah siap untuk menuju bahtera rumah tangga adalah saat kalian lebih sering bicara "kita" atau "kami" dibanding "saya", "kamu", atau "dia".

"Bahasa kalian berubah dari saya atau gue, jadi kita atau kami, ketika membahas masa depan," kata terapis perkawinan Beverly Andre.

Apalagi ketika membahas masa depan. Anda dan pasangan yang memang siap akan membayangkan kehidupan bersama-sama, sehingga tanpa sadar mengatakan "anak kita", "rumah kita", dan sejenisnya.

Lanjut ke sebelah..

Bukan Sekadar Mau

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

HALAMAN:
1 2

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat