yoldash.net

Penurunan Pasokan di AS Angkat Harga Minyak

Harga minyak naik pada Kamis (18/7) imbas terdongkrak penurunan pasokan minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan.
Harga minyak naik pada Kamis (18/7) imbas terdongkrak penurunan pasokan minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan. ( iStock/zorazhuang).

Jakarta, Indonesia --

Harga minyak naik pada Kamis (18/7) imbas terdongkrak penurunan pasokan minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan.

Mengutip Reuters, harga Brent berjangka naik 13 sen, atau 0,2 persen, menjadi US$85,21 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 31 sen, atau 0,4 menjadi US$83,16 per barel.

Ini melanjutkan kenaikan harga yang terjadi pada Rabu (17/7). Saat itu, Brent naik 1,6 persen dan WTI naik 2,6 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Data Badan Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun 4,9 juta barel pada pekan lalu. Penurunan itu lebih besar dibandingkan proyeksi analis yang hanya memperkirakan  30 ribu saja. 

Analis menyebut penurunan itu cukup membantu harga minyak untuk naik.

Selain faktor penurunan pasokan, harga minyak juga mendapatkan angin segar dari spekulasi pasar; bank sentral AS dan Eropa akan memangkas bunga acuan mereka dalam beberapa bulan ke depan.

Pasar meyakini pemangkasan bunga acuan akan mendongkrak ekonomi dan meningkatkan permintaan minyak sehingga membuat harganya naik.

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat