yoldash.net

Jokowi-MBZ Sepakat 8 Poin Kerja Sama: Pusat Keuangan IKN hingga Nuklir

Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) menyepakati delapan nota kesepahaman dalam kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Syeikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan alias MBZ dalam pertemuan bilateral di Istana Qasr Al Watan, Abu Dhabi, UEA. (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, Indonesia --

Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) menyepakati delapan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo yang diselenggarakan 16-17 Juli 2024.

Dalam kunjungan tersebut Jokowi juga bertemu dengan Presiden UEA Mohammed Bin Zayed (MBZ) di Istana Qasr Al Watan, Abu Dhabi.

"Di sela-sela pertemuan bilateral, kedua pemimpin juga menyaksikan pengumuman 8 kesepakatan deliverables kunjungan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan tertulis, Rabu (17/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Retno menyebut UEA merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Timur Tengah. Dalam 10 tahun terakhir ini hubungan kedua negara berkembang dengan cepat.

Misalnya, dari sisi perdagangan terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Angka perdagangan di tahun 2015 sampai 2023 mengalami peningkatan 52%. Dan di tahun 2023 mencapai USD 3,282 milliar.

"Selain mengalami peningkatan angka perdagangan bilateral, posisi Indonesia juga bergerak dari defisit menjadi surplus. Tahun 2023, Indonesia mencatatkan surplus sebesar USD 0,29 milliar," terangnya.

Delapan kesepakatan itu sebagai berikut:

1. MoU antara Kementerian BUMN dan Eagle Hills terkait turisme dan transportasi udara
2. MoU antara Nusantara Capital Authority dan Dubai International Financial Centre Authority terkait pembentukan Financial Centre di IKN
3. MoU antara BRIN dan Emirates Nuclear Energy (ENEC) terkait energi nuklir;
4. MoU antara BI dan UAECB terkait sistem pembayaran
5. MoU antara Kementerian Keuangan dan Ministry of Finance terkait Public Finance Management


6. Framework Agreement antara PT DI & PAL Aerospace terkait Technology Transfer of Maritime Patrol Aircraft and Anti-Submarine Warfare
7. MoU antara Masdar dan PLN Icon+ untuk Joint Assessment and Study instalasi Solar Rooftop bidang komersil dan industrial di Indonesia
8. MoU antara Mohamed bin Zayed Species Conservation Fund United Arab Emirates dan Kementerian Kemaritiman dan Investasi terkait pembangunan Sheikh Mohamed bin Zayed and Joko Widodo International Mangrove Research Center di Bali.

Baca selengkapnya di sini.

(tim/isn)


[Gambas:Video CNN]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat