yoldash.net

Asyik, QRIS Segera Bisa Dipakai Belanja di Korsel

Bank Indonesia dan Bank of Korea (BoK) meneken MoU terkait pembayaran berbasis QR code antarnegara sehingga QRIS bisa dipakai transaksi di sana.
Bank Indonesia dan Bank of Korea (BoK) meneken MoU terkait pembayaran berbasis QR code antarnegara sehingga QRIS bisa dipakai transaksi di sana. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, Indonesia --

Indonesia dan Korea Selatan sepakat menghubungkan QR code pembayaran antarnegara. Artinya, QRIS bakal bisa dipakai saat membayar belanjaan di Negeri Ginseng.

Kerja sama ini dilaksanakan oleh Bank Indonesia (BI) dengan Bank of Korea (BoK) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait pembayaran berbasis QR code.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Gubernur BoK Ree Chang-yong di Penang, Malaysia, Senin (15/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

BI menjelaskan kerja sama pembayaran berbasis QR code dimaksud bertujuan untuk mengakselerasi kerja sama terkait interkoneksi dan interoperabilitas pembayaran lintas negara dengan QRIS dan QR Code pembayaran Korea Selatan yang akan ditentukan oleh BoK.

"Kesepakatan tersebut menandai dimulainya kerja sama antara BI dan BoK dalam mengimplementasikan konektivitas pembayaran berbasis QR code yang didukung sinergi erat pelaku industri kedua negara," tulis BI seperti dikutip dari keterangan resmi.

BI menyebut inisiasi kerja sama ini akan ditindaklanjuti dengan pengembangan interkoneksi dilanjutkan dengan tahap uji coba sebelum implementasi dilakukan secara penuh.

Implementasi kerja sama ini akan mendukung transaksi antar masyarakat di kedua negara dalam rangka mendorong ekonomi dan keuangan digital di Indonesia dan Korea Selatan. Ini mengingat antara lain tingginya jumlah turis antar kedua negara.

BI menekankan kerja sama pembayaran berbasis QR code ini akan memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Korea Selatan.

"Kerja sama sistem pembayaran berbasis QR code ini sekaligus menjadi wujud nyata implementasi dari G20 Roadmap for Enhancing Cross-border Payments," kata BI.

Selain itu, konektivitas pembayaran lintas negara juga perlu disinergikan dengan skema mata uang lokal dalam transaksi bilateral untuk mendukung stabilitas makroekonomi dan meningkatkan efisiensi.

MoU ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya sistem pembayaran lintas negara antara Indonesia dan Korea Selatan yang lebih efisien, cepat, inklusif, dan transparan.

"Ke depan, BI terus memperkuat dan memperluas kerja sama internasional dengan bank sentral dan otoritas terkait lainnya di internasional dalam mendorong konektivitas pembayaran lintas batas," ucap BI.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat