yoldash.net

12 Tower di IKN Rampung Agustus, ASN Jomlo akan Berbagi Unit

Kementerian PUPR menargetkan 12 tower rusun Aparatur Sipil Negara (ASN) siap huni pada 17 Agustus 2024 atau saat HUT RI ke-79.
Kementerian PUPR menargetkan 12 tower rusun Aparatur Sipil Negara (ASN) siap huni pada 17 Agustus 2024 atau saat HUT RI ke-79. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta).

Jakarta, Indonesia --

Kementerian PUPR menargetkan 12 tower rusun Aparatur Sipil Negara (ASN) siap huni pada 17 Agustus 2024 atau saat HUT RI ke-79. Khusus abdi negara yang masih bujangan bakal berbagi ruangan dengan rekannya.

Kepala Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian PUPR Imam Santoso Ernawi menuturkan secara garis besar total tower ASN adalah 47 unit.

Namun, untuk Agustus ditargetkan bisa rampung 12 tower.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Rencananya untuk 17-an kami siapkan 12 (tower), yang utamanya 8 tower untuk ASN," kata Imam dalam konferensi pers secara daring, Kamis (11/7).

Ia menjelaskan setiap tower itu memiliki 10 lantai. Adapun per lantai terdapat enam unit hunian. Setiap unit memiliki luas 98 meter persegi yang berisi tiga kamar.

Adapun untuk sistem pengisiannya, Imam mengatakan hal itu bakal diatur oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kendati, kata Imam, penempatan ASN akan berbeda-beda demi optimalisasi hunian. Ia menyebut, ASN yang masih lajang atau belum menikah akan sharing unit.

"Untuk optimalisasi tentunya mungkin untuk pejabat beda, mungkin untuk yang staf bisa yang bujangan, sementara bujangan, bisa sharing satu unit bisa tiga orang dan sebagainya. Itu silakan saja nanti akan diatur," jelasnya.

Lebih lanjut, Imam mengatakan khusus pelaksanaan HUT RI ke-79 nanti, rusun ASN tersebut juga bisa digunakan sementara untuk hunian panitia atau penyelenggara upacara.

Kendati, ia tak merinci bagaimana skema pengisian untuk panitia ataupun penyelenggara Upacara HUT RI itu.

Tak hanya itu, Imam mengatakan empat tower Kementerian Koordinator (Kemenko) juga ditargetkan fungsional untuk 17 Agustus. Kendati, tidak semua lantai bisa rampung pada waktu tersebut.

Menurutnya, masing-masing tower baru bisa fungsional sebanyak tiga lantai saja. Adapun setiap tower diperkirakan bisa menampung 519 ASN.

"Sampai dengan Juli ini kami siapkan. Nah walaupun demikian di situ juga ada nanti auditorium gitu ya kapasitasnya lumayan banyak 500-an orang," kata Imam.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat