yoldash.net

Bahlil Sebut Menteri Ekonomi Jokowi Susah Ditipu Investor

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut para menteri ekonomi di Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) susah ditipu investor.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut para menteri ekonomi di Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) susah ditipu investor. (REUTERS/AJENG DINAR ULFIANA).

Jakarta, Indonesia --

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut para menteri ekonomi di Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) susah ditipu investor.

Ia berkaca dari larangan ekspor bijih nikel Indonesia yang diperkarakan di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Menurutnya, Jokowi dan para menterinya tak gentar menghadapi gugatan Uni Eropa (UE) Cs.

"Sebentar lagi kita akan meninggalkan fosil dan batu bara. Semua orang akan berbicara green semuanya, salah satu contohnya adalah saya (pemerintah) mau bikin pabrik mobil listrik," kata Bahlil dalam Kuliah Umum IPDN yang disiarkan secara daring, Kamis (11/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menyebut Indonesia sudah sukses membangun pabrik baterai mobil listrik terbesar di Asia Tenggara, yakni Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat. Bahlil menyebut negara luar takut dengan progres Indonesia menuju produsen baterai kendaraan listrik dunia.

Bahkan, Bahlil mengklaim ada investor dari China yang akan menyusul untuk membangun pabrik baterai di Indonesia. Itu adalah Contemporary Amperex Technology Co. Ltd. (CATL) dengan perkiraan investasi US$5,2 miliar.

"Ini yang dunia takut kita, sebentar lagi CATL akan membangun itu (pabrik baterai mobil listrik). Ini yang dunia takut kita. Tapi saya katakan untuk pemerintahan dan kementerian lain di negara-negara lain, 'Sorry bos, pemerintahan Pak Jokowi sekarang, menterinya gak bisa ditipu-tipu, khususnya menteri ekonominya'," tutur Bahlil.

"Karena apa (tidak mudah ditipu)? Semuanya pemain, pengusaha. Pak Erick (Menteri BUMN Erick Thohir), Pak Airlangga (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto), Pak Luhut (Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan), bagaimana bisa digeretak-geretak? Kita sudah paham ini permainan global semua," tegasnya.

Jokowi baru-baru ini meresmikan pabrik sel baterai HLI Green Power di Karawang, Jabar pada Rabu (3/7). Sang Kepala Negara mengatakan ini babak baru tonggak komitmen Indonesia menjadi pemain global dalam ekosistem baterai dan kendaraan listrik.

Ia yakin Indonesia akan menjadi negara yang unggul dalam kompetisi kendaraan listrik dunia. Selain karena sudah ada pabrik baterai, ia menyebut Indonesia didukung sumber bahan bakunya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat